4 Langkah Menjaga Konsisten Berolahraga, Yuk Praktekan

by - Juni 30, 2020

Sumber gambar: dylu
Tak dipungkuri, adannya pandemi ini membuat orang untuk dianjurkan #dirumahsaja guna memutus rantai virus covid-19. Di rumah saja dalam waktu 3 bulan lebih ternyata sudah membuat banyak orang kian merasa bosan. Alhasil banyak orang mencari cara agar bisa keluar rumah melakukan hal positif dengan berolahraga. 

Berolahraga saat ini sangat dibutuhkan sekali untuk banyak orang, agar tubuh tetap fit imun meningkat agar terhindar dari serangan virus. Apalagi berolahraga sepeda. Ya bersepeda atau sering disebut gowes saat ini tengah naik daun.

Hampir setiap hari, orang bergowes ria saat ini sangat mudah ditemukan pada waktu pagi, sore dan bahkan malam banyak orang pada mengayuh pedal sepeda dengan semangat berlipat. 

#FYI saja, popularitas para pecinta sepeda menjadi barokah sendiri untuk bengkel sepeda. Banyak bengkel sepeda saat ini tengah banyak orderan sepeda maupun service. Bahkan di kota Yogya ada toko sepeda, jika mau beli sepeda harus antre dahulu.

Sudah macam beli makanan Takoyaki, harus antre terlebih dahulu.

Animo masyarakat yang mulai giat dalam membangun habit olahraga harus didukung sepenuhnya, agar olahraga tidak hanya dilakukan saat ditengah pandemi Covid-19 saja. Harapan kedepan gerakan masyarakat untuk hidup sehat kian lebih banyak dan terus konsisten. 

Merajut rasa konsisten dalam berolahraga itu gampang-gampang susah, perlu niatan dan kreativitas dalam diri agar bisa menjadi sebuah habit yang mampu dilakukan setiap hari.

Dalam kesempatan artikel kali ini, penulis akan membagikan 4 Langkah menjaga konsisten dalam menjalankan olahraga. Bagaimana ulasan lengkapnya, mari kita simak tulisan berikut ini hingga selesai. 

1. Buat Jadwal Olahraga 

Poin pertama ini sangat penting sekali, dengan adannya jadwal melatih dobrakan terbaru untuk menjalani pola hidup sehat. Jika baru terjun membangun habit olahraga, dengan membuat jadwal sangat membantu sekali, karena dengan adannya jadwal lebih memotivasi diri untuk sebisa mungkin meluangkan waktu guna untuk olahraga. 

Dahulu ketika saya awal-awal membangun habit olahraga membuat jadwal adalah pondasi utama saya agar melatih kedisiplinan saya lewat jadwal olahraga tersebut.

Dengan adannya jadwal, membuat saya kian terus bersemangat menjalani olahraga setiap waktunya tanpa beban. #FYI seringan-ringannya olahraga jika dilakukan tanpa niat alias dengan paksaan olahraga tersebut terasa berat.

2. Gabung Komunitas atau Membentuk Komunitas

Disadari atau tidak, bergabung atau mendirikan komunitas olahraga ternyata juga dapat memberikan sebuah dorongan dalam diri agar terus terpacu agar terus konsisten melakukan olahraga. 

Jika kamu lebih suka menekuni olahraga gowes bisa kamu gabung komunitas gowes daerahmu setempat, atau kamu suka olahraga running bisa join grup atau komunitas running didaerah tempat kalian tinggal. Ketika kalian join komunitas tidak hanya semangat saja yang didapat. 

#FYI saat ini ada sebuah aplikasi virtual yang bisa dimanfaatkan untuk berkompetisi antar teman secara tidak langsung. 

Kalian bisa olahraga secara konsisten selesai olahraga akan keluar jumlah berapa jarak yang ditempuh, lewat jumlah jarak tersebut yang dihasilkan akan membuat sebuah peringkat antar teman-teman yang join. 

Semakin banyak jarak yang dietampuh peringkatnya semakin bagus, adanya kompetisi virtual akan membangkitkan semangat agar tidak mau kalah dengan teman yang lain. Oiya untuk aplikasinya kamu bisa menggunakan Strava atau Garmin. 

3. Lakukan Sebuah Inovatif Dalam Olahraga 

Poin ketiga ini, melakukan sebuah inovatif dalam olahraga maksudnya bagaimana? Jadi kalian bisa mencoba hal-hal baru dalam olahraga yang kalian tekuni. 

Semisal, kemarin setelah menjalani olahraga lari dengan jarak 20 KM hari berikutnya kalian bisa melakukan sebuah interval atau olahraga santai dengan bersepeda. 

Olahraga, jika tidak melakukan sebuah inovatif setiap waktunya terkdang membuat rasa bosan. Dengan inovatif yang kalian padukan dengan olahraga pelan-pelan menumbuhkan semangat olahraga jauh lebih besar. Saya pribadi selalu melakukan inovasi dalam olahraga setiap waktunya.

Jika kemarin lari dengan jarak 10 KM melintasi jalur pedesaan, hari selanjutnya bisa lari 15 KM dengan melintasi pegunungan yang sangat sejuk. 

Atau bisa diselingi dengan olahraga lain, setelah olahraga lari hari berikutnya bisa mencoba olahraga lainnya yang lebih ringan seperti gowes ringan atau mungkin renang, gym, zumba, yoga. 

4. Bentuk Target yang Ingin Diwujudkan

Langkah terakhir yakni membuat target, yap apapun aktivitasnya pasti selalu punya target. Kita hidup saja ada sebuah target yang ingin diwujudkan agar hidup lebih semangat dan penuh warna adanya berjuang mencapai target. 

Yaa, begitupun dengan olahraga harus ada target yang bisa kalian wujudkan. Bentuk target agar setiap aktivitas olahraga yang kalian lakukan dapat terus meningkat. 

Misal, saya punya target agar berat badan selalu ideal oleh karena itu saya harus menjaga olahraga terus menurus dan mendukung makan dengan makanan yang banyak gizi dan nutrisi. 

Atau, target saya bisa menyelesaikan lari 10 KM dengan catatan waktu 30 menit, dengan begitu saya harus rajin lebih sering olahraga lari agar bisa menempuh target tersebut. 

Jika kalian baru terjun dalam menjalani olahraga, buatlah target yang ringan-ringan dahulu lakukan secara konsisten agar target tersebut dapat diwujudkan dengan mudah.

Setelah target pertama terwujud buat target selanjutnya perlahan naik terus naik dengan begitu semangat olahraga yang ada didalam sekujur jiwa akan terus memotivasi untuk melakukan demi sebuah target tersebut. 

Baik, demikianlah sajian artikel 4 Langkah Menjaga Konsisten Berolahraga, harapannya membuat kalian lebih semangat lagi dalam melakukan olahraga sehingga menjadi habit positif agar lebih sehat dalam menjalani sebuah hidup. 


Jangan lupa follow instagram me. 

You May Also Like

0 coment