LAKUKAN 3 HAL BERIKUT SUPAYA TETAP KUAT SAAT BERPUASA

by - April 25, 2020

Hallo para pembaca sekalian, tak terasa kita sudah memasuki bulan suci penuh berkah yakni bulan Ramadhan. Terlebih dahulu agar lebih afdhol admin blogpesonarun.info mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, semoga puasa yang dijalankan serta aktivitas sepanjang hari menjadi berkah untuk semua.

Baik, mumpung masih minggu pertama bulan Ramadhan, pembahasan artikel saat ini seputar suasana bulan Ramadhan.

Masuknya bulan suci Ramdhan, membuat tubuh kita membutuhkan sebuah latihan untuk menyesuaikan agar kondisi tubuh tetap prima. Harus bagun pagi, kemudian dilanjut santap sahur bersama keluarga maupun sahabat, selesai sahur selang berapa menit lagi harus menyiapkan diri untuk sholat subuh berjama’ah.

Tak dipungkuri setelah selesai menjalankan serangkaian aktivitas diatas membuat badan menjadi terasa lemas akibat beberapa faktor. Faktor pertama yakni kurangnya waktu tidur dimalam hari faktor kedua bisa jadi asupan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Alhasil rasa kantuk dan lemas membuat kita terbujur tidur dalam waktu yang begitu lama.

Pernah teman saya sendiri bercerita, pernah tidur dari sesudah sahur hingga beberapa menit menjelang buka puasa!. Asli, saya pun terkejut.

Benar tidur ketika saat puasa termasuk ibadah, namun jangan salah aktivitas produktif pun bisa menjadi lebih berpahala lho. Selain dapat pahala, jika kita semua dapat memanfaatkan waktu produktif tentu pikiran tetap berinovasi untuk mempersiapkan diri merengkuh prestasi lebih baik nantinya.

Lalu, bagaimana supaya kita tetap kuat menjalankan ibadah puasa sambil menjalankan aktivitas sepanjang hari?.

Untuk mengetahui, silahkan simak artikel di bawah ini hingga selesai dengan seksama.

1. Hindari Begadang atau Tidur Hingga Larut Malam

Sumber gambar: Claudia mana
Yang biasa tidur hingga larut malam, selama bulan puasa mari dibiasakan untuk tidak begadang, kenapa? Supaya kondisi tubuh tetap fit dan prima karena tubuh sudah membutuhkan waktu istirahat yang begitu cukup.

Selain memilki dampak yang tidak bagus, begadang juga bisa menyebabkan rasa sulit bangun pada waktu sahur, apabila kurang tidur, kemudian sahur ada rasa yang tidak begitu nyaman ketika santap sahur. Alhasil seringkali nafsu makan menjadi kurang bergairah.

Untuk menghindari hal tersebut, mari saling mengingatkan untuk menghindari begadang. Sejatinya tidur awal waktu sangat baik untuk kebugaran tubuh seorang.

Bagi yang terbiasa begadang, coba terapkan langkah berikut setelah menjalankan sholat tarawih dan tadarus apabila tidak memiliki kegiatan yang begitu urgent alangkah baiknya langsung trun off smartphone, atau bisa jauhkan smartphone dari tempat tidur supaya bisa fokus langsun tidur lelap dengan kualitas baik.

Saya pribadi pernah melakukan pertanyaan kebeberapa teman, yang menyebabkan mereka susah tidur yakni, smartphone. Distraksi smartphone yang secara bergantian memainkan media sosial membuat kita kehilangan fokus untuk tidur.

2. Memperbanyak Buah dan Sayur Ketika Buka maupun Sahur

Sumber gambar: Brooke lark
Ketika berbuka puasa, banyak sekali makanan yang tersaji diatas meja makan baik daging, ikan, nasi, aneka buah, dan berbagai olahan sayuran yang begitu lezat. Selain menyantap daging dan nasi jangan lupa untuk mengkobinasikan buah dan sayur-sayuran.

Perlu diketahui dengan seksama sayur dan buah-buahan memiliki banyak kandungan serat yang ada didalamnya. Kandungan serat tersebut sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi karena kandungan banyak air dalam sayur dan buah yang kita makan. 

Jika kalian saat menjalankan puasa seringkali merasa dehidrasi kekurangan air lebih baik ketika sahur dan berbuka bisa menambah asupan sayur dan buah. Buah dan sayur apakah yang memiliki banyak serat? yakni apel, pisang, kentang, brokoli, semangka, melon, kacang almonf, kurma.

3. Jangan Lupa Olahraga

Sumber gambar: Peter fogden
Yang terakhir yakni olahraga!, yap olahraga ketika berpuasa banyak orang merasa membuang-buang tenaga. Padahal tidak demikian. Justru saat olahraga dalam kondisi berpuasa membuat tubuh kita terhindar rasa kantuk dan lemes. Namun ada hal perlu dicatat, yakni olahraga dengan intensitas sedang saja tidak usah ngoyo supaya tidak habis energi dalam tubuh.

Selain meningkatkan imun dalam tubuh olahraga juga mampu mengontrol berat tubuh agar tetap ideal.

Untuk jenis olahraga bisa sesuaikan dengan mood yang ada dalam diri kalian, entah mau lari, sepeda, ataupun renang bisa kalian lakukan dengan semangat.

Waktu yang pas untuk olahraga yakni Pagi hari atau Sore hari menjelang buka puasa, kedua waktu tersebut sangat baik untuk melakukan olahraga. Bercucuran keringat ditengah puasa menjadi antusias sendiri.

Olahraga menjadi salah satu kegiatan saya selama berpuasa agar performa tubuh tidak down, tetap lincah dalam menjalankan berbagai aktivitas di rumah karena mengingat saat ini masih karantina wilayah karena wabah covid-19.


Demikianlah sajian seputar 3 Hal Agar puasa dan aktivitas kalian tetap kuat sepanjang hari, walaupun suasana ramadhan kali ini berbeda dengan tahun kemarin tetap rayakan dengan penuh bangga dan penuh keiklashsan semoga ibadah yang dijalankan dapat menjadi penggugur dosa serta mendapatkan barokah dari Allah SWT. Aamiin.



Sumber referensi:

You May Also Like

1 coment

  1. kan aku suka begadang tuh min, kalo pagi sumpah anjay gaenak rasanya padahal udah rutin olahraga juga, puasa kuat sih kuat cuma lemesnya itu loh golaa gak ketulungan

    BalasHapus