4 Jenis Olahraga yang Mendukung Di rumah

by - Maret 24, 2020

Ditengah wabah virus corona yang tiap hari semakin menyebar, langkah dengan cepat saat ini tengah dilakukan banyak elemen guna minimalisir orang agar terhindar dari wabah covid-19. Wajar apabila banyak sekali sekolah, kantor-kantor, hingga tempat usaha meraka untuk tutup sementera guna mengantisipasi menyebarnya virus corona lebih luas lagi.

Bayangkan saja hingga tulisan ini dibuat, di Indonesia sudah ada 686 kasus positif terkena virus covid-19. Tentu ini sangat membahayakan sekali, bukan hal yang remeh lagi karena dalam waktu sekejap saja bisa menyebar dengan cepat. 

Mengantisipasi hal-hal buruk kini pemerintah pusat memerintahkan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah. Supaya kesehatan tetap terjaga harapannya agar terhindar dari covid-19.

Walaupun belajar, bekerja dari rumah kamu juga tetap bisa melakukan aktif melakukan olahraga didalam rumah, tanpa harus keluar rumah. Perlu diketahui dengan seksama olahraga sangat penting sekali guna terus menjaga berat tubuh tetap ideal dan yang paling penting meningkatkan imun yang ada dalam tubuh.

Oiya, siapa sangka nafsu makan ketika sedang di rumah terkadang lebih meningkat daripada sedang berada di kantor, bahkan saya saja ketika mengawali work from home awal-awal kemarin, sering banget makan bisa hampir 4x sehari. Terlalu banyak makan tentu sangat mendukung berat tubuh kian naik.

Oleh sebab itu dengan kesadaran diri, olahraga menjadi sarana utama supaya berat badan ideal agar kalori supaya cepat terbakar.

Tapi kalau baru lockdown begini, olahraga apa saja mas yang mendukung di rumah? , pertanyaan tersebut sering kali kita dengar, bagaimana supaya bisa tetap aktif olahraga walaupun hanya di rumah dengan seru. 

Tenang saja, dalam waktu sekejap kamu akan mengetahui jawabannya di bawah ini. Cekidott

1. Yoga
Sumber gambar: Rima Kruciene
Jika kalian takut keluar rumah untuk melakukan olahraga, kamu bisa melakukan olahraga yoga didalam rumah. Yoga sendiri sangat simple sekali dilakukan hanya butuh space yang tidak terlalu besar, kemudian bisa menggunakan matras dan kamu bisa melakukan yoga dengan sendirinya.

Ditengah maraknyanya Working from home, seperti sat ini kita rasakan, yoga menjadi pilihan banyak para wanita melakukan olahraga. Selain untuk mengencengkan otot pada tubuh yoga juga baik sekali guna untuk melatih mental serta pikiran agar lebih rilexs lagi sehingga harapannya mampu terus fokus dalam bekerja.

Apalagi kalau sedang bekerja di rumah, kefokusan menjadi ujung tombak paling utama, apabila disambi multitasking sedikit saja bisa buyar konsentrasi dalam diri, pekerjaan yang ada didalam laptop bisa tidak selesai.

Jika kalian bingung dengan gerakan yoga, kamu bisa melakukannya dengan menonton via youtube atau bisa minta bantuan kawan yang telah mahir dengan yoga. Setelah itu lakukan yoga secara online dan ikuti gerakannnya. Sangat seru sekali bukan.

2. Zumba
Sumber gambar: Danielle Cerullo
Selanjutnya ada zumba. Fyi zumba adalah olahraga yang akhir-akhir ini tengah naik daun, baik laki maupun wanita sering kita ketemu pada melakukan gerakan zumba disaat CFD amaupun selepas event lari. 

Zumba adalah sebuah perpaduan gerakan tari salsa dan tari latin kemudian dikombinasikan dengan gerakan senam aerobik dan diiringi dengan musik dengan bernada cepat.

Ketika melihat orang sedang melakukan zumba, tentu kita terbayang orang menari-nari padahal mereka sedang melakukan gerakan aerobik. Musik yang bernada beat tinggi menjadikan antusias dalam diri terus meningkat.

 Melakukan gerakan zumba dalam waktu 60 menit dapat membakar kalori hingga 400 hingga 600 kalori. Wow tentu olahraga zumba ini sangat mendukung sekali agar tubuh tetap sehat.

3. Olahraga Dengan Treadmill
Sumber gambar: chuttersnap
Jika kamu seorang pecinta olahraga lari, yang hampir setiap hari melakukan sebuah latihan tentu ada sesuatu yang kurang apabila sehari sampai melewatkan latihan. Jika kondisi lockdown begini latihan lari dapat kamu lakukan dengan sebuah treadmill. Olahraga dengan treadmill seperti halnya berlari diaspalan hanya saja ini berlari ditempat.

Saya sendiri juga sangat senang apabila olahraga dengan treadmill, apalagi jika situasi luar hujan deras. Sering pindah haluan menggunakan treadmill.

Dipadu dengan alunan musik yang merdu, gerakan kaki yang terus bergantian melangkah sangat membuat orang ketagihan apalagi kalau sudah bercucuran keringat yang keluar dari dalam tubuh. Beuhh mantapp. 

Olahraga dengan treadmill menjadi salah satu primadona bagi orang yang takut kehujanan, dengan treadmil kita bisa berlari dengan kecepatan yang bisa diatur dengan kondisi dalam tubuh. 

Jangan salah, olahraga ini jika dilakukan dalam waktu tertentu juga dapat membakar kalori dan mampu mengencangkan otot-otot kaki agar lebih kuat lagi sehingga apabila nanti ketika berlari di aspal atau track jadi lebih ringan. 

4. Workout From Home
Sumber gmbar: Alora Griffiths
Yang terakhir kamu bisa melakukan workout, workout mudah sekali dilakukan entah didalam kamar maupun di ruang teras rumah.

Apabila kamu dapat melakukan workout dengan baik hasilnya akan membentuk tubuh lebih baik lagi. 

Selain itu, workout terbagai beberapa variasi gerakan tergantung kebutuhan yang kamu harapan, jika kamu para runners bisa mantengin instagramnya coach Agung mulyawan disana coang Agung selalu memberikan vidio singkat mengenai gerakan workout yang mudah kamu lakukan. 

Fyi coach Agung ini adalah pelatih top lari jarak jauh, dengan tangan dingin beliau sudah banyak atlet-atlet berprestasi merengkuh podium juara

Tidak hanya itu saja, coach Agung juga memberikan penjelasan mengenai setiap gerakan yang dilakukan. Sehingga kita juga paham gerakan begini bertujuan apa, kalau begitu bertujuan apa, tentu dapat menambah wawasan.

Demikianlah serangkaian olahraga yang mudah dilakukan di rumah.

Harapannya, dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Pesan penulis untuk pembaca di rumah atau dimanapun tetap jaga kebersihan, kesehatan, jangan lupa makan yang bergizi serta perbanyak doa semoga halangan virus covid-19 dapat segera hilang.

Sehat selalu semoga dapat dipertemukan di garis Start pada perlombaan lari marathon kembali.







Sumber referensi:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/keuntungan-dan-manfaat-zumba/ 

You May Also Like

1 coment

  1. Gw kadang lari-lari aja ga jelas dalam kamar. Atau lompat-lompat. Pokoknya bergerak deh 😀😀

    BalasHapus