Mendukung UKM Lokal Agar Terus Survive

Foto Dokumen pribadi
Seminggu sekali saya selalu menyiapkan waktu khusus untuk bertemu sekaligus olahraga bareng sahabat dengan bergowes sepeda. Menjalankan gowes pada hari minggu adalah solusi ampuh untuk membuang penat setelah 5 hari beraktivitas didepan laptop. 

Saling berembuk untuk menentukan tujuan adalah hal yang paling seru, dimana cara ini membuat kami untuk saling menuntukan obyek yang akan disingahi ketika gowes. Saling berembuk akhirnya, kami menentukan obyek wisata area Kaliurang yakni Museum Gunung Merapi atau bisa disingkat MGM. 

Kenapa memilih Museum Gunung Merapi sebagai tujuan?, karena kami ingin menikmati sejuknya udara pegunungan sekaligus melihat serta mendukung produk UKM-UKM lokal yang begitu kreatif nan inovatif. Beruntung sekali saya pribadi dapat langsung datang pada event Gelar Produk Pelaku UKM yang dimotori langsung oleh Dinas koperasi dan UKM DI Yogyakarta dan PLUT-KUMKM DI Yogyakarta.

Event ini bagi saya adalah salah satu event yang layak menjadi destinasi para pengunjung guna terus menggerakan roda ekonomi para pelaku UKM lokal terutama diwilayah kabupaten Sleman. 

Setibanya dilokasi, perasaan riang gembira terpancar pada lupuk hati saya paling dalam, melihat langsung UKM lokal dan membeli langsung aneka produk yang berada pada stand membuat perasaan penuh suka cita menjadi penggerak ekonomi UKM lokal setempat.

Event yang berlangsung dipusat obyek wisata ini, tentu memiliki animo yang begitu besar untuk mendatangkan para pengunjung menikmati aneka ragam produk ukm. harapannya dengan lonjaknya pengunjung tersebut manjadi sarana memperoleh profit melimpah, apalagi event ini berlangsung pada weekend.

Menikmati Kesegaran Es Cao Kelor Pegagan

Foto Dokumen Pribadi
Tak berselang lama sesampainya dilokasi, kedua bola mata saya tertuju pada stand Es Cao kelor. Cuaca yang begitu gerah setelah menempuh perjalanan dengan sepeda membuat tenggorakan saya membutuhkan cairan penyegar untuk itu saya membeli Es Cao Kelor Pegagan. Apa itu Cao kelor pegagan? yakni minuman seperti dawet namun ini terbuat dari bahan baku daun kelor. Kemudian dipadu dengan santan dan cairan gula merah serta ditambah es batu.

Perlu diketaui dengan seksama, manfaat daun kelor ini sangat melipah diantaranya dapat menyehatakan mata, menurunkan kolestrol, melancarkan pencernaan dan mampu mengobati kanker. Manfaat yang luar biasa ini terdapat pada ekstrak daun kelor. Rasa manis, kemudian ditambah kesegaran es batu membuat saya ketagihan betul. 

Satu gelasnya Es Cao kelor Pegagan dijual dengan harga Rp. 5.000 saja, sangat murah sekali bukan, rasanya yang manis campur gurih membuat saya ketagihan ingin menambah 2 gelas lagi. Hehe

Semoga dalam lain kesempatan nanti bisa mencicipi kesegaran es cao kelor pegagan tersebut, selain untuk pelpas dahaga tentu mendukung ukm lokal untuk terus tumbuh bergerak maju.

Menghilangkan Lelah Dengan Salad Buah

Foto dokumen pribadi
Setelah puas dengan kesegaran es cao pegagan, selanjutnya saya langsung menuju stand penjual salad buah untuk menghilangkan rasa lelah setelah olahraga. Salad buah yang dijajakan pun sangat istimewa sekali, dikemas dalam mangkok kecil serta dilengkapi dengan topingan keju yang mengugah selera.

Tanpa pikir panjang, saya langsung ambil satu porsi salad buah, karena sangat teratarik dengan warna warni buah yang begitu segar. Rasanya yang begitu khas, dilengkapai dengan topingan keju menjadikan salad khas ukm lokal ini begitu mengugah selera.

Apalagi ketika makan disuguhi langsung kesenian tari jathilan dan sejuknya udara pada halaman Museum Gunung Merapi.

Tips dari saya pribadi, lebih baik pada kemasan mangkok ini diberi stiker sebagai merek atau no telepon guna pelanggan jika ingin memesan tinggal menghubungi nomor pada kemasan tersebut. 

Jadah Tempe, Makanan Wajib Ketika Berkunjung di Kaliurang

Dokumen Foto Pribadi
Museum Gunung Merapi tak jauh dari dari obyek wisata Kaliurang, hanya berjarak 1-2 KM saja. Apalagi sedang berada di area Kaliurang menikmati sepotong jadah dan tempe tahu bacem adalah wajib. Kuliner satu ini sangat unik sekali, gurihnya jadah serta lezatnya tahu tempe membuat cemilan ini selalu menjadi buruan para wisatawan baik dari turis lokal maupun macanegara.

Jadah tempe, paling nikmat disantap ketika sedang berada di Kaliurang saja lho, entah kenapa rasanya sangat nikmat sekali.

Setelah puas dengan aneka kesegaran es cao pegagan dan salad buah, selanjutnya saya langsung memutari stand melihat kerajinan lainnya, ketika baru dapat beberapa langkah  akhirnya saya menumakan kuliner wajib Kaliurang, Yap jadah tempe!.

Tanpa berpikir lama-lama akhirnya saya langsung pesan 1 porsi jadah tempe . Jadah yang terbuat dari ketan serta parutan kelapa menjadikan rasanya gurih nan nikmat, selain gurih teksturnya yang empuk membuat saya kian terus melahap jadah tempe yang dijajakan pada pameran Gelar Produk Ukm.

Dengan adanya, event yang rutin diselenggarakan oleh Dinas koperasi UKM DI Yogyakarta diberbagai lokasi di DIY tentu menjadi bukti keseriusan pemerintah setempat guna membangkitkan spirit UKM agar lebih maju nan pesat, harapanya dalam waktu 2-3 tahun tercipta UKM yang mempunya nilai yang begitu kuat untuk bisa Go-Nasional.

GELAR PRODUK PELAKU UKM
Sebagai  seorang digital marketing, event ini kedepannya lebih baik dikemas lebih menarik lagi menghadirkan para kaum milenial kreatif guna turut mensupport produk UKM agar tetap kreatif nan inovatif demi meningkatkan profit sekaligus menguatkan merek lokal.

Semangat selalu UKM lokal, Terimakasih Dinas koperasi dan UKM DI Yogyakarta serta PLUT-KUMKM DI Yogyakarta yang telah memberikan ruang bagi UKM lokal setempat sehingga dapat berani kreatif menciptakan produk dengan cita rasa nikmat.

1 Komentar untuk "Mendukung UKM Lokal Agar Terus Survive"

  1. Dengan sentuhan digital marketing yang tepat, UKM lokal pasti ga kalah saing sama brand lain.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel