Wajib Kamu Ketahui, Manfaat Berendam Air Es Setelah Olahraga

Foto by: /www.si.com/ edit: me
Ketika memasuki garis finish sebuah event lomba lari marathon, pasti kita mendapatkan refreshment dan medali finisher apabila dapat finish di bawah waktu COT yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Melakukan pendingan dengan berjalan kaki seusai lomba kerap kali dilakukan semua peserta selain menjadikan otot tidak tegang tentu untuk menemukan spot terbaik untuk berselfi ria dengan pelari lain yang telah memasuki garis finish. 

Dalam sebuah event lomba lari marathon, pasti kerap kali menjumpai para penghobi lari maupun kalangan atlet berendam pada sebuah kolam karet yang berisikan es batu yang melimpah agar dapat merendam semua bagian tubuh para pelari tersebut. Pertama kali melihat orang berendam es batu setelah olahraga membuat saya selalu ikut-ikutan karena penasaran.

Setelah mencoba , dan dipandu oleh panitia dan dijelaskan manfaat serta fungsinya saya menjadi sedikit paham mengenai berendam di es batu tersebut. Apalagi setelah berdiri dan mentas dari kolam ada sesuatu yang sangat enak terhadap bagian otot-otot. Berendam es batu dalam waktu yang telah ditentukan ternyata memberikan manfaat yang sangat baik bagi otot maupun anggota tubuh kita.

Manfaat apa sajakah itu, mari kita bahas satu demi satu dalam poin di bawah ini. Cekidott

1. Membantu Anggota Tubuh Lebih Enjoy

Berendam di kolam es batu atau pada sebuah drum yang besar kerap dilakukan oleh para atlet seusai latihan maupun olahraga. Perlu diketahui dengan seksama berendam di es batu juga sering disebut dengan metode cryotherapy. Suhu dingin yang terdapat pada es ternyata menyimpan manfaat yang sangat baik untuk pemulihan anggota tubuh yang sedang kelelahan setelah menjalankan olahraga.

Otot-otot yang tegang setelah menjalankan olahraga akan kembali menjadi lebih enjoy, tidak hanya itu berendam pada es batu juga daat mengurangi rasa nyeri pada anggota tubuh kita apabila saat olaharaga mengalami benturan yang menimbulkan rasa nyeri.

2. Membuat Pikiran Menjadi Tenang

Ketika sedang berendam pada es batu yang memiliki suhu sangat dingin ternyata mampu memberikan pikiran menjadi tenang, karena suhu dingin dari es batu tersebut dapat menstimulus saraf-saraf lainnya dan menciptakan reaksi baru pada pikiran.

Menceburkan bagian tubuh langsung kedalam kolam es batu, tentu sangat membuat tubuh menjadi kaget namun setelah proses dan berjalannya waktu pikiran menjadi lebih enjoy. Yang semula tegang karena fokus lomba menjadi rilexs setelah berendam pada air es batu.

3. Dapat Mengurangi Rasa Nyeri Secara Alami 

Menjalankan latihan dengan durasi yang lama tentu menimbulkan rasa pegal-pegal bahkan nyeri ketika mengalami benturan dengan pelari lain maupun terjatuh dalam jalur track. Dengan berendam pada air es ternyata dapat mengurangi rasa nyeri dan pegal-pegal yang terdapat pada tubuh.

Karena kerja dari suhu dingin es batu tersebut dapat melarutkan rasa pegal yang dirasakan oleh dalam tubuh setelah menjalan latihan dengan intensitas yang lama.

Terapi dengan mandi es batu juga pernah dilakukan oleh atlet top idola saya yakni Mo farah, Paula Radcliffe serta juga banyak lagi atlet nasional yang menggunakan terapi berendam pada es batu juga untuk meredam rasa pegal maupun menghilangkan rasa nyeri yang timbul setelah latihan.

4. Menjaga Performa Tubuh

Proses pendingininan yang dilakukan dengan berendam pada es batu tersebut dapat menjaga performa tubuh. Karena dengan suhu dingin tubuh kian lebih mudah untuk beradaptasi dengan cuaca. Perlu diketahui dengan seksama cuaca sangat mempengaruhi kondisi tubuh si atlet yang kan bertanding.

Sehingga dilakukan adatasi dengan pendinginan adalah cara terbaik untuk menjaga performa tubuh.

Oiya bagi kalian yang memiliki darah tinggi tidak untuk dianjurkan untuk berendam pada air es batu tersebut, karena es batu dapat membangkitkan saraf-saraf stimuli stres yang mana dapat beresiko menyebabkan serangan jantung.

Berendam pada es batu dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan orang mengalami hypothermia dimana suhu pada tubuh akan turun di bawah rata-rata yang bisa berakibat fatal.

Jadi solusi bagi kalian yang ingin berendam pada air es batu alngkah baiknya konsultasi lagi dengan teman atau sauadara yang memiliki pengetahuan lebih seputar cryotherapy agar proses yang pemulihan yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.






Sumber referensi:

www.idntimes.com


Belum ada Komentar untuk "Wajib Kamu Ketahui, Manfaat Berendam Air Es Setelah Olahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel