Merajut prestasi masa depan melalui OSN 2019

OSN (Olimpiade Sains Nasional) adalah sebuah kompetisi dalam bidang sains tingkat SD, SMP dan SMA. Untuk bisa tampil dalam OSN ternyata tidak mudah seperti mengembalikan telapak tangan, karena untuk dapat tampil berhadapan dengan siswa daerah lain harus melewati proses yang panjang.

Seleksi untuk pertama kali malaui tingkat kecamatan, jika ditingkat kecamatan lolos selanjutnya tingkat kabupaten setelah itu lanjut tingkat provinsi setelah provinsi barulah untuk melaju tingkat nasional berhadapan dengan peserta dari seluruh penjuru Indonesia.

OSN tahun 2019 tingkat SD dan SMP diadakan di Kota Yogyakarta, untuk tingkat SMA di selenggrakan di kota Manado. dipilihnya kota Yogyakarta tentu menjadi antusias tersendiri bagi para semua peserta. Pasalnya kota Yogyakarta memiliki julukan kota pelajar tentu semua akan berjibaku untuk tampil yang terbaik demi segenggam medali emas untuk mengharumkan Provinsi masing-masing.

Euforia Para peserta OSN 2019
Pada #OSN2019 kali ini diselenggarakan mulai pada tanggal 30 Juni hinga 6 Juli 2019 di bagi menjadi beberapa lokasi di Yogyakarta, salah satunya di hotel Alana Yogyakarta. Tepat pada tanggal 30 Juni 2019 serangkaian acara pembukaan telah dilakukan dengan meriah oleh panitia serta kementrian pendidikan.

Perlombaan berlansung selama 2 hari, wajah tegang, gugup campur ceria menyelimuti para peserta yang tampil dalam OSN 2019 ini. Bekal ilmu yang cukup tentu akan menjadi keuntungan bagi para peserta karena selain untuk mengerjakan soal-soal dengan teliti para peserta juga harus mampu untuk mengerjakan dengan keatifitas dan cepat.

Keseriusan Para Peserta OSN 2019
Adapaun tema yang dibawakan pada OSN 2019 ini bertakjub "Mewujudkan generasi berkompetitif, berkarakter, berkualitas dan adaptif terhadap perubahan. Dengan tema tersebut harapannya nanti menjadi para peserta kelak akan menjadi tangguh dalam bidang aspek yang paling penting mampu bersaing dalam bidang teknologi dengan harapan bisa menjadi perubah negara Indonesia kian lebih baik lagi.

Penandatangan Tabungan BNI oleh Peserta OSN 2019
Setelah perlombaan selesai selama 2 hari, banyak acara seru lainnya untuk mengisi jadwal sambil menunggu pengumuman tiba. Oiya setelah perlombaan kemarin semua peserta mendapatkan Tabungan dari Bank Negara Indonesia/BNI.

Satu demi satu peserta dipanggil dari berbagai kategori IPA, MTK dan IPS waktu senggang sambil menunggu panggilan banyak digunakan oleh para peserta untuk menghibur diri dengan berbagai aktivitas ada yang bersantai-santai sama kawan samping, adapula yang juga bermain game lewat smartphone guna menjadikan pikiran lebih rilexs lagi setelah mengerjakan soal-soal yang mana menguras tanaga baik pikiran maupun tenaga dalam tubuh.

Tepat dipenghujung acara waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta telah tiba, yakni pengumuman Juara, seperti biasa wajah tegang serta perasaan dag dig dug menyelimuti para peserta karena mereka sudah ingin sekali mengetahui siapa pemenangnya.

Senyum Manis para peraih medali emas OSN 2019
Dimulai dari OSN SD 2019 dahulu, dari 60 medali yang diperbutkan kontingen DKI Jakarta berhasil menjadi juara utama setelah mengumpulkan 3 emas 5 perak dan satu perunggu kemudian disusul oleh provinsi Jatim dan Baten.

Untuk OSN tingkat SMP provinsi banten berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 4 medali emas dan 2 perunggu. Selanjutnya peringkat kedua diisi oleh provinsi DKI Jakarta dengan perolehan 3 Emas 4 perak dan 6 perunggu posisi ketiga ditempati dari provinsi Jawa Barat dengan perolehan medali 2 Emas 8 Perak 6 Perunggu. Bagi peserta yang berhasil merengkuh medali emas berhak mendapatkan uang tunai 4 Juta rupiah, kemudian medali perak 3 Juta perunggu 2 Juta.

Sedang tuan rumah D.I.Y pada OSN SMP 2019 harus puas dengan posisi 9 dengan perolehan medali 1 perak dan 2 perunggu.

Para Juara OSN 2019
Selain untuk merajut prestasi event OSN 2019 yang diselenggarakan oleh kemdikbud tentu sangat baik sekali guna melatih mental para juara peserta agar terus tetap semangat dalam belajar, berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi yang lebih gemilang lagi dimasa yang akan datang.

Oiya para pemenang 0SN 2019 ini akan menjadi Duta sains, tentu menjadi semangat para pemenang guna terus berexplorasi lebih banyak hal lagi.

Bagi pembaca sekalian yang ingin mengetahui OSN 2019 kalian dapat mengikuti akun media sosial Dikdasmenbud kemdikbud berikut akun twitter Dikdasmenbud kemdikbud untuk akun instagram dapat klik link berikut DikdasmenDikbud.





Belum ada Komentar untuk "Merajut prestasi masa depan melalui OSN 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel