3 Hal yang Dapat Membuatmu Bahagia saat Sedang Berlari

Sumber gambar: Gol.id
Segela aktivitas jika dilakukan dengan penuh kebahagiaan tentu akan membuat kita lebih terdorong agar selalu semangat kapan pun. Perasaan happy ketika sedang melakukan aktivitas sangat memberikan dampak positif apa yang sedang kita kerjakan. Apapun kegiatannya jika itu membuat kita bahagia tentu membuat semua orang bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya.

Termasuk ketika sedang berlari, perasaan bahagia harus selalu ada setiap langkah. Sebab dengan kebahagiaan yang kita punya ketika berlari membuat setiap langkah kaki menjadi ringan sehingga berapaun jarak yang kita tempuh menjadi mudah. Olahraga lari termasuk olahraga fisik yang sangat menguras tenaga, sehingga kalau kalian tidak punya rasa kebahagiaan saat sedang berlari membuat langkah menjadi berat.

Namun dalam racikan artikel yang penuh energi kali ini, penulis akan memberikan 3 hal yang dapat membuatmu bahagia ketika sedang berlari. Harapannya setelah kamu membaca artikel ini hingga selesai kamu dapat menjalankan lari penuh kebahagiaan menjalankan program dengan penuh disiplin agar performa tubuh tetap prima dalam merajut kepingan hidup yang lebih baik lagi

Okay langsung saja, mari kita sima poin 1 s/d 4 hingga selesai dengan cermat. Cekidott.

  • Milikilah Sebuah Pencapaian
Poin penting utama yakni pencapaian, tanyakan pada dirimu dahulu. Tujuan kamu berlari itu untuk apa? dengan mengetahui target yang akan kamu capai membuat tentu akan membangkitkan rasa semangat yang terdapat dalam dirimu.

Seperti saya sendiri misalnya, tujuan berlari saya adalah menjaga tubuh tetap ideal dan pikiran selalu fresh. Demi mencapai target tersebut usaha keras serta latihan penuh disiplin setiap hari saya lakukan. Keringat segar yang keluar dari tubuh selesai berlari membuat tubuh lebih prima dan bugar sebelum menjalankan pekerjaa di kantor.

Dengan pencapaian yang telah saya tetapkan membuat semangat serta perasaan bahagia saya rasakan setiap hari, rasa malas dan keluhan akan menghilang dengan sendirinya jika kita mampu menciptakan kebahagiaan dalam diri saat berlari.

  • Berlari Sambil Mendengarkan Musik Favoritmu
Ceritanya saat itu saya sedang kurang semangat dalam menjalankan latihan, entah kenapa saya kepikiran berlari sambil mendengarkan musik dengan lagu yang dibawakan oleh mbk Via Valen yang berjudul "Meraih Bintang". Headset saya tempelkan ditelinga musik saya mulai jalankan dengan nada khas yag dibawakan mbk Via valen serta beat yang begitu kencang membuat perasaan bahagia menjadi mucul dengan sendirinya.

Ternyata pernah dilakukan penelitian oleh Valorie Salimpoor, beliau ini adalah seorang neuroscientist dari McGill University terhadap kedelapan reporenden dengan menguji scan PET dari situ Valorie menemukan dompamin dalam jumlah yang sangat besar yang dirilis oleh otak ke tubuh manusia sehingga membuat perasaan bahagia itu muncul melalui musik positif yang didengarkan.

Tentu sebagai catatan musiknya yang mengandung kata-kata positif dan beat musik yang kencang ya. Jangan sampai saat akan berlari malah mendengarkan musik galau atau melow tentu bisa sangat mempengaruhi semangat yang ada dalam dirimu.

Banyak sekali musik yang dengan beat yang cepat, ada Coldplay, Feels-Cavin Harris ft. Pharrell Williams, Katy Perry, Big Sean, Tule-Fearless, Via Valen, Nela kharisma dan tentu masih banyak lagi musik favoritmu.

  • Fokus Pikirkan Sesuatu yang Membuat Bahagia
Poin ketiga ini sangat kursial sekali yakni memfokuskan pikiran. Yapps perasaan penuh bahagia tanpa disandingi dengan pkiran fokus tentu hasilnya juga kurang bagus. Namun jika perasaan dalam dirimu penuh rasa bahagia, kemudian didukung dengan pikiran fokus menjadikan langkahmu kian lebih cepat dan rasa lelah tidak akan terasa.

Maksudnya gimana? Jadi begini, ketika kamu sedang berlari usahakan untuk memfokuskan pikiranmu ke garis finish. Pikirkan sesuatu yang membuatmu bahagia sampai garis finish. Sebagai contoh "Sesampai garis finish, akan ada orang tersayang menyambut dengan mengkalungkan medali dengan begitu otak kalian akan mengontrol yang kamu pikirkan tersebut sehingga kamu terus berlari dengan penuh rasa bangga hingga garis finish.

Atau pikirkan "Nanti sampai garis finish saya akan meraih podium juara" Dengan pikiran yang kamu fokuskan tersebut rasa bahagia akan timbul membuatmu terus melangkah dengan penuh semangat.

Poin ini selalu saya lakukan setiap kali menjalankan latihan, ketika sedang berlatih saya selalu memfokuskan otak mengibaratkan sedang diarena lomba marathon di Eropa, yang mana saya bisa berlari dengan penuh kencang, penuh dukungan meriah dari pinggir lintasan, dan bisa mencapai hasik yang terbaik.

Ternyata cara ini sangat ampuh, perasaan bahagia terus mucul, ketika akan menyerah semangat mucul dengan berlipat ganda alhsil bisa menyelesaikan latihan setiap hari tanpa beban dan penuh happy.

Beberapa poin diatas setiap hari saya terapkan ketika menjalakan latihan setiap hari, supaya semangat berlipat ganda dapat menghilangkan rasa malas. 

Bagaimana dengan kalian semua, saya yakin kalian mempunyai cara sendiri untuk membagkitkan mood bahagia yang ada dalam diri kalian ketika sedang berlari, supaya banyak refrensi untuk itu saya persilahkan komen di bawah ini, cara kalian membangkitkan perasaan bahagia ketika sedang berolahraga.



Sumber refrensi:

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3753013/penelitian-menunjukkan-mendengarkan-musik-membuatmu-lebih-bahagia


4 Komentar untuk "3 Hal yang Dapat Membuatmu Bahagia saat Sedang Berlari"

  1. memiliki sebuah pencapaian merupakan hal yang paling bisa motivasi saya

    BalasHapus
  2. Pas dulu saya ranin lari pagi pasti bawa hesset sambil dwngerin musik

    BalasHapus
  3. makasih kak informasinya...

    BalasHapus
  4. Aku tuh seneng lari, tapi gabisa konsisten huhu

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel