4 Kegiatan Positif Yang Dapat Kamu Lakukan Menjelang Buka Puasa


Ngabuburit bisa dikatakan sebuah kegiatan positif yang selalu dilakukan menjelang buka puasa selama bulan ramadhan. Banyak sekali kegiatan-kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama ngabuburit. Jam pulang kerja yang lebih cepat terkadang membuat kita sering kali bingung sesampai rumah mau ngapain, padahal jam buka buka puasa masih lama.

Menunggu jam buka puasa dengan hanya tiduran, serta scroll media sosial yang tidak ada manfaatnya sangat mubadzir waktu daripada kamu hanya tiduran scroll media sosial lebih baik kamu melakukan 4 kegiatan positif yang saya bentangkan di bawah ini, harapannya dengan artikel ini dapat membantu kamu untuk mengisi waktu menjelang berbuka lebih produktif dan lebih manfaat.

Seperti apa ulasan lengkapnya, mari langsung saja kita baca satu demi satu poin di bawah ini sambil selonjoran santai diteras rumah.

Cekidot..

1. Membaca Buku/Artikel Menarik

Poin pertama yakni membaca, membaca adalah salah satu tamasya positif yang dapat kamu lakukan saat ngabuburit. Membaca buku atau artikel yang sangat bagus merupakan kebutuhan otak kita, supaya ide terus mengalir dalam berinovasi mengembangkan suatu karya yang akan kita wujudkan. Jika kamu menyukai bacaan tentang cara meningkatkan potensi yang ada dalam dirimu kamu dapat membaca buku atau artikel yang menulis tentang pengembangan diri.

Banyak sekali buku-buku bagus dengan harga relatif murah yang bisa kamu dapat di online shop maupun di toko buku sekitar tempat tinggal kamu, jika kamu ingin menikmati bacaan artikel menarik di google sangat banyak sekali kamu disana tinggal pilih yang kamu sukai. Blog yang sedang kamu baca ini juga merupakan blog dengan isian konten yang seru dan menarik. :)

Usahakan saat kamu membaca sebuah artikel, hindarilah artikel yang mengandung konten hoax maupun bad news, menurut study orang yang suka membaca berita hoax serta membaca koten yang kurang bagus akan menjadikan konsentrasi dalam dirimu menjadi kurang fokus. Pilih tulisan yang positif dengan konten yang manfaat.

2. Berdagang

Bulan ramadhan yang penuh barokah ini menjadi momen yang sangat bagus untuk berdagang, tak dipungkuri selama bulan ramadhan banyak sekali pasar dadakan yang ada disekiling kita yang menjajakan aneka ragam makanan maupun minuman untuk berbuka puasa.

Jika kamu memiliki keahlian membuat kue atau makanan dengan cita rasa yang enak tentu kamu bisa manfaatkan momen ramadhan ini untuk menjual olahan makanan yang kamu buat. 

Selain untuk menambah income sampingan tentu juga untuk belajar menjadi seorang entrepreneur yang hebat nantinya. Seorang entrepreneur yang hebat pasti dulunya mengawali usaha dengan setapak demi setapak butuh usaha serta memaksimalkan peluang yang ada.

Jadi bisa saya katakan momen ramadhan ini adalah momen untuk meningkatkan ibadah dan melatih diri untuk menjadi seorang entrepreneur.

Bila kamu ingin berjualan namun tidak bisa masak bagaimana? tenang, kamu dapat berpartner dengan seorang kawanmu yang bisa masak terus kalau masakan sudah jadi kamu yang menjualnya, atau bisa belajar lewat kampus ternama yakni Google Academy maupun Youtube University disana terdapat banyak sekali materi cara membuat makanan dan minuman yang lezat mulai dari Nasi goreng daging sapi, Nasi uduk spesial pakai babat, sate ayam dengan bumbu kacang spesial, es cendol dawet, kolak manis dengan kolang-kaling dan masih banyak lagi termasuk membuat oseng-oseng rindu buat kesayangan. *Eh

3. Olahraga

Selanjutnuya poin 3 yakni olahraga, perlu diketahui dengan seksama olahraga saat puasa sangat bagus sekali untuk kebugaran tubuh. Manfaat penting olahraga saat puasa dapat menjadikan gesit gerakan tubuhmu saat sedang aktivitas, selain itu juga membakar kalori-kalori yang ada dalam tubuh sehingga tubuh menjadi bugar dan sehat.

Banyak sekali jenis olahraga yang sangat cocok kamu lakukan antara lain gowes, berenang, Gym, yoga, jogging, atau jalan kaki selama 30 menit. Waktu paling baik untuk olahraga saat puasa yakni pagi dan sore hari.

Jika gerakan tubuhmu saat sedang aktivitas mudah lemas dan kurang berenergi mungkin solusinya dengan menyempatkan diri untuk berolahraga.

4. Berbagi Ilmu

Bulan ramadhan bulan yang sangat baik untuk meningkatkan amal baik, amal baik bisa dengan meningkatkan ibadah, saling tolong menolong dan berbagi ilmu. Jika kamu memiliki ilmu tetang keahlian yang belum dimiliki oleh orang lain dapat kamu manfaatkan untuk dibagi entah itu lewat tulisan blog, lewat broadcast, maupun lewat pesan gambar yang kamu jadikan status maupun stories di instagram. Dengan niatan untuk berbagi ilmu semoga usaha yang kamu lakukan dapat bermanfaat untuk orang banyak walaupun ilmu yang kamu bagikan hanya lewat stories maupun status WA.

Apabila kamu memiliki kesempatan untuk mengajar TPA di masjid langkah berbagi ilmu dapat kamu lakukan dengan cara mengajar ngaji Al-Qur'an kepada adik-adik, ini sangat bagus sekali. Siapa tahu dengan ngajarnya kamu ngaji Al-Qur'an kepada adik-adik bisa menjadi amal jariyah yang tak pernah putus selamanya.

kesimpulan dalam artikel kali ini, penulis mengajak kepada seluruh pembaca mari kita untuk memanfaatkan waktu demi waktu melakukan kegiatan positif selama bulan Ramadhan kali ini, jangan sampai bulan Ramadhan hanya lewat begitu saja tanpa menorehkan hasil yang baik.

Gunakan waktu untuk lebih produktif lagi dalam meningkatkan pahala maupun income niatkan semua dengan ibadah insyAllah dimudahkan semuanya. Aamiin



Belum ada Komentar untuk "4 Kegiatan Positif Yang Dapat Kamu Lakukan Menjelang Buka Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel