Panduan Efektif Menjaga Semangat Olahraga Ketika Sedang Puasa

Sumber gambar: https://unsplash.com/@candrawnt_

Tak terasa dalam beberapa hari kedepan kita sebagai umat muslim sudah siap untuk menyambut bulan penuh barokah yakni bulan ramadhan. Selama bulan ramadhan berlangsung tentu umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa mulai terbit matahari hingga terbenamnya matahari.

Setiap negara tentu memiliki durasi waktu puasa yang berbeda-beda, namun kalau di negara Indonesia durasai waktu puasa kurang lebih sekitar 12 Jam. Saat menjalankan puasa tentu tubuh tidak akan terisi makanan maupun minuman, sehingga stock energi serta cairan yang ada dalam tubuh hanya terbatas.

Walaupun sedang berpuasa, jangan jadikan semangat menjadi kendor justru dengan puasa bisa menjadi semangat untuk diri kita agar tetap semangat dalam beribadah dmaupun berolahraga. 

Untuk itu dalam artikel yang penuh energik kali ini, penulis akan memberikan 4 panduan efektif supaya semangat olahraga kalian tetap onfire. Seperti apa ulasan lengkapnya tak usah lama-lama silahkan langsung simak artikel di bawah ini hingga tuntas.

1. Pilih Waktu Terbaik Untuk Olahraga

Tak jarang saat menjalankan puasa, selalu ada orang berkata "Puasa kok olahraga, nanti jadi lemas lho", perlu diketahui anggapan seperti itu tak sepenuhnya betul. Olahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa malah sangat dianjurkan guna melancarkan peredaran darah, menjadikan otak tetap fresh dalam berfikir hingga mengusir rasa kantuk yang menyelimuti tubuh.

Saat menjalankan ibadah puasa, waktu terbaik untuk olahraga yakni pagi, siang dan malam. Bagi kalian yang ingin menghilangkan ngantuk di pagi hari solusi utamanya yakni dengan olahraga, menjadikan tubuh tetap bergerak hingga keluar keringat segar menjadi sensani tersendiri diwaktu pagi badan kemudian menjadi ringan dan semangat untuk menyongsong pekerjaan.

Apabila waktu pagi belum sempat olahraga kamu dapat menjalankan olahraga pada sore hari sepulang bekerja atau mendekati waktu buka puasa. Keuntungan olahraga sore menjelang puasa kamu dapat berolahraga dengan semangat mungkin tanpa khawatir kehabisan cairan, karena apabila cairan yang ada dalam tubuh semakin menipis tak harus menunggu lama, karena sore hari sudah mendekati waktu buka puasa.

Kalau kamu saat sedang puasa tidak berani olahraga karena takut kehabisan energi kamu dapat melakukan olahraga malam hari setelah sholat tarawih. Dengan kondisi tubuh yang sudah terisi makanan dan cairan setelah santap buka puasa tentu menjadikan tubuh tetap onfire dalam melakukan olahraga. selain dengan penuh semangat kamu dapat berolahraga semaksimal mungkin, apabila haus langsung bisa minum karena malam hari hari tidak ada pantangan untuk puasa.

2. Olahraga Sesuai Kemampuan Tubuh

Saat sedang berpuasa lakukan olahraga dengan porsi energik yang terdapat dalam tubuhmu. Jika sebelum memasuki bulan puasa biasa kamu jogging pagi dengan jarak 10K perhari saat puasa bisa kamu potong menjadi 6-7K supaya energi yang ada dalam tubuh tetap aman dan masih ada sisa energi untuk melakukan aktivitas lainnya. Paling penting tetap perhatikan energi dalam tubuh.

Namun apabila jika anda latihan di bawah komando pengawasan pelatih, ya silahkan karena ada yang mengomandani karena pelatih mengetahui kemampuan yang ada dalam diri seorang atlet.

3. Minum Air Putih Dengan Cukup

Salah satu dari beberapa orang yang enggan olahraga saat puasa yakni takut haus dehidrasi setelah menjalankan olahraga. Banyak keluar keringat serta energi setelah menjalankan olahraga terkadang membuat kondisi tubuh mudah haus serta berkurangnya energi cairan dalam tubuh.

Namun kondisi tersebut masih bisa diatasi dengan minum air putih yang cukup setelah buka puasa, paling tidak 4-5 gelas air putih setelah buka puasa. Waktu sahur jangan lupa untuk menambahkan air putih kedalam tubuh lagi. Supaya setelah sholat subuh bdan siap untuk diajak olahraga dengan nyaman tanpa khawatir kehausan.

4. Cukupi Karbohidrat, Vitamin dan Protein

Setelah alarm buka puasa tiba, terkadang nafsu makan langsung menggebu-ngebu seakan menyantap semua makanan yang telah disajikan di meja makan. Alangkah baiknya saat notifikasi buka puasa telah tiba awalilah dengan minum air putih dan buah, bisa buah kurma, pisang atau pepaya. Supaya kandungan vitamin yang didalam buah tersebut bisa menyerap ketubuh kalian sehingga badan kembali prima.

Jangan lupa tambah asupan karbohidrat sayur-sayuran dan protein seperti daging, telur, ikan supaya energi yang hilang dapat terbentuk lagi sehingga badan lebih kuat untuk menjalankan aktivitas malam seperti halnya tadarus, sholat tarawih dan ibadah malam.

Yang terpenting saat bulan puasa jaga pola makan dengan baik, kurangi makanan atau minuman yang dapat merugikan tubuh diri kamu. Mari kita sukseskan bulan Ramdahan kali ini dengan penuh antusias dalam ibadah maupun dengan berolahraga. Badan prima, ibadah pun lancar.

Kami segenap all crew www.blogpesonarun.info mengucapkan Marhaban Yaa Ramadhan 1440 H semangat menjalani ibadah puasa dengan penuh semangat bak kita semangat dalam mencapai garis finish dalam lomba lari.




Sumber referensi: Doktersehat.com


Belum ada Komentar untuk "Panduan Efektif Menjaga Semangat Olahraga Ketika Sedang Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel