Cara Efektif Meningkatkan Performa Tubuh Dengan Tidur Yang cukup

Sumber Gambar: Perpustakaan.id
Latihan disisplin serta memasukan nutrisi kedalam tubuh adalah sebagaian hal utama yang harus dilakukan oleh seorang pelari baik penghoby maupun atlet profesional. Kedua poin tersebut mesti dilakukan jika ingin meningkatkan performa dalam berlari untuk menyambut race yang akan datang. Seperti kita ketahui olahraga lari adalah olahraga fisik yang membutuhkan stamina serta otot yang kuat untuk berlari semaksimal mungkin.

Namun kedisplinan dalam berlatih serta memasukan nutrisi yang baik kedalam tubuh harus juga diimbagi lagi dengan menerapkan tidur yang berkualitas. Tidur berkualitas adalah salah satu bagian penting untuk kalian terapkan, karena dengan tidur tubuh kita kian lebih bugar sekaligus untuk recovery pikiran dan tubuh.

Menambah jam terbang latihan untuk lebih keras lagi dapat meningkatkan performa kian lebih baik, namun apabila latihan yang keras tidak di imbangi dengan tidur yang cukup sebaliknya dapat mengurangi performa tubuh.
Pernah dilakukan penelitian di luar negeri tepatnya di Amerika terhadap beberapa atlet profesional ternyata mendapatkan hasil yang sangat luar biasa.

Atlet yang memliki kualitas tidur yang baik ternya memiliki performa yang kian lebih baik dibandingkan dengan atlet yang kurang tidur. Standar tidur untuk atlet sekitar 8-9 jam sehari namun apabila menjelang lomba bisa kamu tambah dengan tidur siang maupun tidur malam lebih awal dengan harapan badanmu siap untuk di ajak fight memperoleh hasil terbaik.

Dalam mewujudkan tidur berkualitas ternyata tak semua orang bisa lho, kecuali orang tersebut sudah punya tekad serta kedisiplinan yang sangat kuat. Perkembangan teknologi yang semakin pesat didukung samartphone sudah terhubung dengan internet yang sangat cepat kalau kita tidak bisa membagi waktu, smartphone tersebut ternyata dapat menjadi pengganggu untuk kita sendiri dalam menerapkan tidur tepat waktu.

Banyak sekali orang diluar sana, waktu tidurnya tersita gara-gara memainkan smartphone maupun hal-hal kecil yang menjadi halangan untuk bisa tidur nyenyak. Jujur, belum lama ini admin pernah mendapatkan sebuah pertanyaan perihal supaya bisa tidur tepat waktu, dan bisa bangun tepat waktu juga. Dengan penuh PD tanpa basa-basi kemudian saya langsung memberikan  beberapa tips tersebut kepada teman saya.

Namun bagi pembaca setia semuanya yang ingin mendapatkan beberapa tips supaya bisa tidur dengan kualitas, kalian dapat menyimak poin-poin penting yang saya jabarkan di bawah ini.

Cekidoot..

 1. Rapikan Kamar tidur

Merapikan kamar tidur sebelum istirahat ternyata dapat meningkatkan mood tidur kita tambah lebih baik lagi. Poin pertama ini sering kali admin lakukan setiap hari menjelang tidur yakni dengan menyapu lantai kamar, membereskan selimut sebelum baring ke kasur. Supaya kamar lebih enak untuk dipandang sehingga membuat pikiran lebih rilexs saat bangun.

2. Jauhkan Smartphone Selama 30 Menit Menjelang Tidur

Selanjutnya yakni menjauhkan smartphone dari genggamanmu disaat kamu akan tidur. Saat ini smarphone masih menjadi kendala bagi beberapa orang untuk tidur tepat waktu. Karena memasuki waktu tidur masih digunakan bermain hp entah nonton youtube, scroll medsos maupun  canda gurau lewat grub WA.

Oleh karena itu, mari kalau sudah memasuki waktu tidur jauhkan smartphone kamu dari genggaman, caranya mudah sekali cukup matikan dan taruh ditempat khusus.

Cara ini sangat efektif sekali, sudah mulai admin praktekan, demi kualitas tidur tetap terjaga dan berkualitas sehingga performa tetap terjaga.

3. Hindari Minuman Yang Mengandung Kafein

Sebisa mungkin saat akan tidur usahakan jangan menikmati minuman yang mengandung kafein, karena kandungan kafein tersebut bisa membuat kita untuk susah tidur. Contoh minuman yang mengandung kafein yakni kopi, teh.

Alih-alih untuk minum kopi maupun teh lebih baik minum air putih saat menjelang tidur. Supaya badan tetap lebih nyaman, dan bisa bermanfaat untuk menghilangkan kotoran-kotaran yang ada dalam tubuh.

4. Berwudhu Sebelum Tidur

Bagi kalian yang beragaman islam, tentu tak asing lagi dengan wudhu. Yaps wudhu adalah kewajiban seorang muslim untuk dilakukan sebelum sholat. Perlu kita ketahui wudhu sebelum tidur juga salah satu metode untuk hidup lebih sehat.

pernah dilakukan sebuah penelitian di London, berwudhu sebelum tidur dapat menstabilkan detak jantung yang ada dalam tubuh. Manfaat lain berwudhu sebelum tidur juga termasuk cara efektif untuk membuat kulit lebih rilexs dan dapat mengendorkan otot-otot yang kaku setelah menjalankan aktifitas seharian.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai cara efektif meningkatkan performa dengan tidur berkualitas, semoga dapat bermanfaat untuk para penghoby olahaga lari maupun untuk para pembaca semua.




Sumber referensi:
1. dalamislam.com
2. kompasiana.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Efektif Meningkatkan Performa Tubuh Dengan Tidur Yang cukup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel