Senin, 03 Desember 2018

4 Solusi Paling Ampuh, Supaya Kamu Tidak Kehabisan Nafas Saat Sedang Berlari

Tags




Olahraga lari adalah olahraga yang sangat mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu olahraga lari bisa dikatakan olahraga yang sangat murah dan sangat efisien sekali.
Manfaat yang begitu banyak serta mudah dilakukan menjadikan olahraga ini kian selalu diminati banyak orang, baik orang tua hingga anak muda. Perlu diketahui menjalankan olahraga lari bukan hanya melangkahkan kaki serta mengayunkan tangan saja.

Namun ada hal yang sangat penting yang harus dilakukan supaya kamu dapat berlari dengan kuat, dengan apakah itu? Jawabannya adalah Bernafas dengan baik.

Saat berlari kita pernah mengalami yang namanya nafas tidak beraturan, dengan begitu membuat kita mudah capek saat sedang berlari, alhasil membuat diri kita frustasi dan berhenti ditengah jalan kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki.

Namun tenang saja, kali ini kamu tak perlu khawatir lagi, karena dalam artikel yang begitu energik kali ini, penulis akan membagikan sebuah solusi yang layak untuk dipraktekan dengan begitu harapannya kamu dapat berlari dengan nyaman dan fun.

Tidak usah menunggu lama lagi silahkan simak artikel dibawah ini mengenai “4 solusi paling ampuh, supaya kamu tidak kehabisan nafas saat sedang berlari”

1. Bernafas Dengan Mulut

Bernafas menggunakan mulut saat sedang olaharaga ternyata juga dapat mendorong otot-otot wajah menjadi kian rilex saat sedang melakukan olahraga. Selain itu bernafas dengan mulut memungkinkan lebih banyak oksigen dan karbondioksida masuk dibandingkan jika bernafas dengan hidung saat sedang berolahraga.

Berbeda sekali saat sedang berlari bernafas lewat hidung justru membuat kita cepat ngos-ngosan dan membuat otot pada wajah Nampak tegang dan rahang cederung mengeras.

2. Optimalkan Pernafasan Dengan Perut

Saat kamu berlari coba mulailah menggunakan pernafasan dalam perut (Atau pernafasan diafragma), perlu diketahui bernafas menggunakan perut ternyata lebih efisien dan maksimal (VO2 MAX) daripada bernafas menggunakan dada saat sedang berlari.

Udara yang kamu hirup yang ada didalam paru-paru hanya dalam waktu singkat sehingga mencegah pertukaran udara secara keseluruhan. Ini yang kemudian mengurangi jumlah oksigen yang kamu konsumsi. Teknik bernafas yang kurang tepat saat sedang berlari sering menjadi alasan bagi para pelari mengalami rasa nyeri dibagian samping perut.

Terus bagaimana cara  mengatur nafas menggunakan perut?
Untuk melatih bernafas menggunakan perut yakni sangat sederhana sekali dan simple. Pertama yang kamu bisa lakukan yakni kamu bisa berbaring dilantai atau pada matras selanjutnya kamu bisa meletakan tangan atau benda yang memiliki berat yang tidak berat diatas perutmu. 
Kemudian bernafaslah dan rasakan gerakan perut yang naik turun, Latihanlah secara ruting agar dapat kamu aplikasikan saat sedang berlari.

3. Mengatur Ritme Bernafas Yang Tepat

Hal paling penting yang perlu di ingat saat sedang berlari adalah dengan bernafas dengan menarik dan mengeluarkan nafas secara konsisten dan berirama. Setiap orang memiliki kemampuan sendiri-sendiri saaat sedang bernafas saat sedang berlari ada yang mengambil nafas dalam 2 langkah kaki, ada juga yang ambil nafasnya saat 3 langkah kemudian. 

Dengan mengatur pernafasan dengan konsisten dan berirama dengan langkah kian lebih baik sehingga membantu kita bisa memacu kian lebih baik lagi saat sedang berlari. Yang paling penting tetap beraturan dan konsisten sesuaikan dengan kondisi dalam dirimu.

4. Kontrol Nafas Sebaik Mungkin

Ketika sedang berlari kontrollah pernafasanmu secara baik mungkin agar saat kamu tidak kehabisan nafas, untuk mengontrol nafas sendiri caranya cukup mudah sekali yakni saat kamu sudah mulai merasakan nafas mulai ngos-ngosan itu saatnya kamu mengurangi kecepatan dalam berlari.

Namun jika nafasmusudah kembali kian stabil kamu dapat segera berlari dengan kecepatan semula, kontrol pernafasan dengan baik secara beratur supaya saat memasuki garis finish nanti kamu dapat memiliki cadangan nafas yang cukup sehingga kamu tidak kehabisan nafas.

Demikianlah Artikel pendek mengenai sebuah solusi agar kamu dapat bernafas dengan baik.

Sehingga kamu dapat berlari dengan nyaman dan penuh rilexs tanpa harus takut kehabisan nafas saat memasuki garis finish nanti.

Pernah mengalami rasa kurang nyaman saat sedang berolahraga, silahkan baca artikel dibawah ini:

Terobosan Terbaru Untuk Para Runners Supaya Terhindar Dari Cidera!

Foto Credit by: www.wallmaya.com


Sumber Referensi:

fabfitmag.co.id

xsmlfashion.com
fitnessformen.co.id



EmoticonEmoticon