Euforia Borobudur Marathon 2018, Yang Tidak Bisa Dilupakan



Sumber Gambar: https://bit.ly/2zsOSUZ
Borobudur Marathon 2018 event tahunan yang selalu diselenggarakan menjelang akhir tahun selalu memberikan sebuah kejutan-kejutan yang sangat luar biasa setiap penyelenggaraanya. Perlu diketahui event Borobudur marathon 2018 ini adalah event yang sangat kental dengan budaya jawa tengah dan candi Borobudur. 

Yang paling menyenangkan rute Borobudur Marathon sudah terverifikasi IAAF (International Association of Athletics Federations) dan AIMS (Association of International Marathons and Distance Race)  luar biasa bukan.
Dalam Borobudur marathon 2018 ini Alhamdulillah admin dapat berkesempatan untuk mengikuti event yang sangat bergengsi tersebut setelah mendaftar semenjak awal tahun 2018 lalu!. Luar biasa bukan.

Dalam sajian yang penuh energik kali ini, admin akan mengulas tentang event Borobudur marathon 2018 mulai saat akan penyelenggaran, disaat penyelengaraan hingga akhir penyelenggaraan.

Jauh-jauh hari sebelum Borobudur Marathon 2018 berlangsung, panitia sudah selalu siap dalam mengampenyekan event ini kepada seluruh masyarakat sekitar candi Borobudur guna dapat bekerjasama membantu lancarnya event yang sangat bengengsi ini. Betul saja saking matangnya panitia dalam mempersiapkan event ini, banyak warga yang menyambut positif dengan kegitan Borobudur Marathon 2018.

Sumber Gambar: https://www.instagram.com/borobudur.marathon/

Tidak hanya itu saja event Borobudur Marathon 2018 sebetulnya tidak berbeda dengan tahun kemarin, namun untuk tahun ini admin rasa betul-betul menunjukan peningkatan yang begitu luar biasa. Racepack yang diberikan kepada seluruh peserta pun cukup lengkap sekali mulai dari Brosur panduan lari, jersey lari, No bib, goodie bag dan yang paling menyenangkan terdapat juga produk sponsor yang banyak disisipkan pada goodie bag. Sehingga membuat seluruh peserta antusias dan merasa puas dengan racepack yang diberikan.
Tempat foto di lokasi pengambilan racepack
Di sekitar pengambilan racepack, juga terdapat banyak sekali hiburan mulai dari acara music, tempat foto yang sangat elegan banget kemudian terdapat juga layar lebar yang sangat mengagumkan sekali, karena setiap peserta yang selesai mengambil racepack tersebut namanya akan muncul di layar besar alhasil banyak peserta yang berlomba-lomba berfoto pada layar besar tersebut yang terdapat namanya.
Panitia Menyambut para Runner yang akan mengambil racepack
Memasuki area pengambilan racepack kita sudah disambut oleh panitia yang sangat ramah sekali yang menanyakan konfirmasi email pendaftaran kemudian langsung diarahkan ke pengambilan racepack pada kategori yang kita ikuti.


Sumber Gambar: https://www.instagram.com/borobudur.marathon/
Program acara Borobur Marathon 2018 dibuka tepat pukul 3:30 WIB kemudian dilanjutkan dengan Corral Start, Pemanasan dan tepat pada pukul 05:00 WIB pelepasan pelari Full Marathon, beberpa menit kemudian dilanjut dengan pelepasan kategori Half Marathon, dan yang terakhir pelepasan kategori 10K. Saat menjelang start dimulai setiap kategori sudah dibedakan jalurnya, guna supaya peserta tidak berdesakan sehingga setiap kategori yang akan mulai start tidak kuwalahan sehingga bisa mengawali garis start dengan lancar tanpa berdesakan dengan peserta kategori lain. Bagian ini yang membuat admin terkagum-kagum dengan event Borobudur Marathon 2018 karena sebulumnya admin ikut pada tahun 2015 yang lalu.
Menjelang Race 10K, Sumber Gambar:  https://www.instagram.com/borobudur.marathon/
Menjelang Race Admin sudah merasakan euforia yang sangat luar biasa untuk menaklukan kategori 10K, hingga tiba saatnya kategori 10 dilepas, mengawali garis start admin berhasil bersaing diposisi depan bareng atlet-atlet daerah yang semangat begitu membara.

Melintasi jalanan aspal yang halus serta rindangnya pepohonan membuat admin bisa tampil kian lebih relax dan percaya diri untuk bisa finish dengan strong.

KM demi KM admin lalui hingga akhirnya keluar lingkungan candi Borobudur. Dan dikejutkan dengan jalanan raya yang begitu steril, tidak ada kendaraan bermotor sama sekali membuat admin kian memacu ayunan tangan hingga langkah untuk bisa segera memasuki garis finish, dukungan dari warga setempat melalui sorak sorai yel-yel, tarian khas membuat kedua mata admin selau terpana kepada seluruh masyarakat yang memberikan support secara langsung.
Rasa antusias masyarakat sekitar membuat daya tarik sendiri untuk seluruh peserta yang berpatisipasi dalam Borobudur marathon 2018 kali ini.
Masing-masing kategori memiliki COT (Cut off time) berbeda-beda untuk kategori 10K COTnya yakni pukul 8:00 WIB, Half Marathon COT (Cut off time) 9:30 WIB yang terakhir Marathon dengan COT pukul 12:00 WIB. Bagi seluruh peserta yang melewati batas COT tidak mendapatkan medali penamat.

Mungkin sampai sini masih ada yang penasaran mengenai COT (Cut off time). COT adalah batasan waktu terlama untuk peserta lomba menyelesaikan seluruh jarak lomba dengan melintas di garis akhir rute lomba, sedangkan untuk COP (Cut off time point) yakni satu titik lokasi dalam rute lomba, yang harus dilalui oleh seluruh peserta kategori tertentu dalam batasan waktu yang telah ditentukan.

Selain kedisiplinan dalam COT dan COP Borobudur Marathon 2018 juga menambahkan blue line sepanjang rute Marathon. Blue line ini digambarkan di sepanjang rute marathon untuk menunjukan para pelari jalur tercepat dan paling efisien menuju ke garis finish.

Sepanjang jalannya event lari Marathon di Indonesia, saat ini yang sudah menggunakan blue line hanya di Borobudur Marathon. Mengenai apa itu blue line bisa simak dibawah ini.
Sumber Gambar:  https://www.instagram.com/borobudur.marathon/
Ayunan lengan serta kaki yang admin gerakan untuk segera memasuki garis finish akhirnya tiba dengan memasuki garis finish dengan senyum kegembiraan. Memasuki garis finish disambut dengan sorak sorai dari penonton sehingga begitu bahagianya sekali menaklukan kategori 10K dengan selamat dan penuh bahagia.
Bagian Depan Refreshment
Setelah peserta memasuki garis finish, peserta tidak boleh berdiri lama-lama digaris finish supaya tidak menganggu peserta yang dibelakangnya, peserta yang telah memasuki garis finish kemudian diarahkan ke bagian refreshment untuk mengambil minum, buah dan tentu saja mendapatkan kalungan sebuah medali.
Tim Medis Yang Bekerja Keras Dalam Menangani Peserta Yang Kelelahan
Penilian mengenai perhelatan Borobudur Marathon 2018 mengenai admin pribadi, sangat luar biasa kerennya. Dari kesigapan tim medis yang harus bekerja keras dalam membantu para pelari yang mengalami cidera kemudian ketegasan panitia dalam membuat sebuah keputusan serta rapinya jalur lari yang betul-betul seteril dari kendaraan bermotor membuat admin pribadi memberikan nilai 99,9% untuk Borobudur Marathon 2018 ini.
Medali Finisher 2018
Dengan demikian membuat admin tidak sabar lagi untuk menunggu kejutan apalagi yang akan diadakan pada Borobudur Marathon 2019 mendatang, yang penting tetap persiapkan dirimu dengan baik mulai dari sekarang.

Semoga ditahun yang akan datang bisa bertemu lagi dengan event Borobudur Marathon 2019, dengan peningkatan yang lebih epic serta spektakuler lagi. 

Terima kasih banyak Borobudur Marathon 2018, kamu luar biasa, kamu akan selalu menjadi cerita dan selalu dirindui oleh seluruh peserta.
BRAVOO salam hangat dari Blog Pesona Run blog yang menghadirkan artikel yang sangat memukau mengenai dunia olahraga khususnya lari guna menciptakan masyarakat Indonesia untuk bersemangat dalam olahraga sehingga tercipta pola hidup yang sehat.

Belum ada Komentar untuk "Euforia Borobudur Marathon 2018, Yang Tidak Bisa Dilupakan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel