Sabtu, 13 Oktober 2018

Manfaat Kinesiology Tape, Yang Wajib Di ketahui Runners

Tags

Sumber Gambar: https://bit.ly/2RG29RD

Saat sedang menyaksikan suatu pertandingan olahraga baik sepak bola, bulu tangkis, atau bola volley sering kita jumpai para atlet menggunakan semacam plester berwarna-warni maupun bercorak  yang terdapat pada bagian tubuhnya entah itu di lengan, lutut dan bagian bahu. Perlu diketahui benda yang mirip plester tersebut bernama kinesiology tape atau juga disebut dengan kinesio tape.
Tepat pada tahun 1970-an seorang dokter dari negara jepang yang bernama Dr.kenzo kase mengembangkan metode kinesio taping guna membantu para atlet untuk menyembuhkan cedera atau trauma pada otot setelah olahraga. Namun temuan awal dari sang dokter tersebut malah mengurangi pergerakan pada tubuh si atlet. Bahkan saat keadaan tertentu malah menghambat proses penyembuhan trauma cidera yang dialami sang atlet.
Tetapi sang dokter tidak kehabisan akal untuk terus mengembangkan penemuannya tersebut. Dr. Kenzo kase pelan tapi pasti berlahan menyempurnakan kinesio tape sebagai alat perekat elastis yang dapat memiliki kemampuan sirkulasi udara yang sangat baik digunakan.
Setelah menjalani proses penyempurnaan selesai, alat ini mulai dikenal masyarakat dunia pada tahun 1988 pada saat digunakan dalam ajang event olimpieade seoul, sejak itulah kinesio menjadi sangat populer ditengah masyarakat. Di dunia atletik misalnya, para atlet-atlet pemegang rekor dunia yang akan memulai training maupun kejuaraan sering kali menggunakan kinesiology tape.
Sumber Gambar: www.zimbio.com

Alat ini lumrahnya dipakai di bagian paha, persendian, bahu hingga pada bagian-bagian tubuh lainnya.
Warna yang cerah serta manfaat yang dihasilkan kinesio tape menjadi daya tarik sehingga menambah percaya diri atlet yang memakai. Manfaat yang dihasilkan oleh kinesiology tape dapat mengembalikan sistem neuromuscular seperti sedia kala, meringankan rasa sakit saat sedang berolahraga, hingga mempercepat pemulihan cidera pada lokasi yang terasa sakit/nyeri.
Selain memiliki manfaat yang begitu mengagumkan, kinesio tape juga memberikan kenyamanan saat digunakan.
Kinesio Tape sendiri terbuat dari 100% katun dan kombinasi bahan latex free sehingga mampu membantu gerak anda saat berolahraga lebih fleksibel.
Untuk pemakian kinesio tape ini alangkah bainya kamu bisa konsultasi dengan kawan yang mempunyai ilmu fisioterpi, kinesio yang dipasang dalam anggota tubuhmu dapat berefek dengan baik.
Para atlet professional maupun pecinta olahraga khususnya lari pemakaian alat ini umumnya diletekan pada bagian tubuh yang jadi tumpuan tenaga saat sedang menjalankan training maupun lomba.
Sumber Gambar: http://beranisehat.com/archives/7180
Sedikit cerita, saat admin setelah menjalani event lomba lari tak disengaja persendian admin mengalami rasa nyeri yang disebabkan mengalami kelelahan setelah menjalani program latihan setiap hari. Kemudian dengan inisiatif saya langsung menuju tim medis guna untuk menanyakan apa permasalahan pada bagian kak yang terasa itu. Tak berlangsung lama, setelah dilakukan pengecekan ternya ada bagian otot yang tertarik, setelah tindakan pengecekan selesai akhirnya dipasang kinesiotape.

Berhubung admin, masih penasaran dengan plester ajaib itu, saya tanya jauh lebih detail manfaat dan cara penggunaannya dengan baik. Sang fisioterapi tersebut menjawab dengan ringan pertanyaan yang admin lontarkan. Belio juga menjelaskan dengan detail sehingga admin mendapatkan pencerahan mengenai alat ajaib ini.

Benar saja, setelah kinesio tape dipasang pada bagian kaki admin yang terasa nyeri dalam hitungan menit kemudian membuat kaki admin terasa lebih nyaman, rasa nyeri yang muncul tadi berkurang secara drastis! Coba kamu bayangkan, ketika kakimu terasa nyeri saat digunakan untuk aktivitas kemudian dipasang kinesio dengan tepat dalam waktu yang tidak lama alhasil rasa nyeri tersebut menurun dratis! Alangkah Gembiranya bukan.

Setelah rasa nyeri itu hilang, saya tetap pakai kinesio tape dalam 2 hari kedepan, guna untuk memberikan rasa nyaman disaat sedang melaksanakan latihan maupun aktivitas fisiknya lainnya.
Demikian pembahasan mengenai kinesio tape, semoga dengan artikel yang begitu energik ini dapat bermanfaat untuk semua pecinta olahraga yang masih penasaran mengenai kinesio tape.
Bagi Para pembaca sekalian maupun pecinta olahraga khususnya running jika sering mengalami rasa nyeri pada bagian tubuh, lutut ataupun pada bagian persendian bagian kaki bisa mencobanya dengan menempelkan kinesio tape pada bagian yang dirasa nyeri dengan anjuran fisioterapi atau orang yang lebih pengalaman ya, supaya kinesio tape tersebut dapat bekerja secara optimal.
Kinesio Tape tersedia banyak varian warna meliputi merah, biru, hitam, orange, hijau, biru muda, biru tua, dst.


Kinesio Tape ini juga sering dipakai bagi para atlet saat sedang berlatih maupun saat bertandng, Karena sudah, Terbukti! manfaat yang begitu luar biasa
Sekarang giliran kamu untuk membuktikanya sendiri manfaat yang sangat menajubkan mengenai kinesio tape.
Jika kamu ingin menanyakan langsung secara detai mengenai alat tersebut kamu bisa melakukan Klik tombol di bawah ini:



Sumber refrensi: Sports.okezone.com


EmoticonEmoticon