Rabu, 17 Oktober 2018

5 Tips lari untuk pemula, supaya tetap konsisten

Sumber Gambar: Freepik.com
Olahraga lari adalah olahraga fisik yang sangat mudah dilakukan kapan saja. Olahraga lari sangat baik untuk kesehatan jantung serta kebugaran tubuh manusia. Oleh karena itu dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini olahraga lari menjadi primadona yang sering dilakukan kaum muda dan kaum tua, karena olahraga ini sangat gratis. 

Olahraga lari bisa dilakukan dimana saja, namun lebih baik saat menjalankan aktivitas lari lebih baik dijalanan yang sepi yang tidak terlalu padat dengan kendaraan atau bisa kamu lakukan di track lapangan atletik.
Membangun hobbit lari yang konsisten ternyata dibutuhkan waktu serta niat yang kuat supaya dapat menjalani aktivitas lari dengan sepenuh hati. Apalagi untuk seorang pemula yang baru membangun habit lari supaya bisa konsisten ditengah kesibukan lain yang sedang dijalani.

Dalam artikel yang sangat energik dibawah ini, admin akan memberikan 5 tips lari untuk pemula supaya tetap konsisten, tidak usah menunggu lama lagi langsung saja simak dan praktekan tips yang saya ulas dengan tuntas dibawah ini:


Cekidott..

1. Membuat Jadwal Lari

Tips yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat jadwal. Membuat jadwal adalah salah satu kunci utama, kenapa bisa begitu? Karena dengan adanya jadwal membuat aktivitas larimu lebih leluasa tidak terganggu dengan aktivitas lain. Sebisa mungkin saat kamu sedang membangun habit lari sisipkan jadwal lari 3-4x dalam seminggu untuk waktunya bebas terserah kamu entah pagi, sore atau bahkan malam. Pilih lah yang terbaik untukmu dik..

2. Milikilah Tujuan

Dalam aktivitas apapun jika ada tujuan yang ingin dicapai secara realitis tentu menjadi pemacu semangat. Dalam menjalankan olahraga lari tentu juga harus ada sebuah tujuan yang ingin engkau capai, entah tujuan ingin memiliki badan yang ideal supaya selalu sehat dan ceria atau mungkin ingin menaklukan event lomba lari dalam waktu yang realitis. 

Dengan Tujuan yang ingin kita capai tentu menjadi bahan bakar motivasi untuk kita supaya tetap konsisten dalam menjalani aktivitas lari dengan sebaik mungkin.

3. Ajak Teman

Memiliki teman saat menjalankan aktivitas lari ternyata dapat mempengaruhi mood dalam diri sesorang supaya lebih semangat. Dengan adanya teman saat berlari tentu kita bisa sambil ngobrol, lebih memudahkan dalam mengatur ritme langkah yang paling terpenting bisa saling memberi semangat ketika ditengah perjalanan mulai bosen dan saling menumbuhkan pola hidup sehat.

Teman dalam menlankan aktivitas lari gak harus pacar atau mantanmu dik..

Bisa juga anggota keluargamu entah bokap, kakak, nyokap, adikmu maupun tetangga sekitar rumah. 

4. Mulailah dengan jarak pendek

Bagi seorang pemula dalam menjalankan aktivitas lari kamu bisa memulai dengan jarak yang pendek terlebih dahulu. Bisa kamu mulai dengan radius jarak 500 meter, 800 meter dengan konsisten alhasil lama-lama kamu bisa menempuh jarak puluhan kilo meter setiap bulannya.

Jangan terlalu ambisus langsung berlari dengan jarak 10K, supaya tidak terlalu capek dan menghindari cidera bila kamu masih pemula. Cukup dengan radius yang pendek2 dulu diulang secara konsisten lambat laut fisikmu akan otomatis kuat jika kamu ingin berlari dalam jarak tertentu.

5. Memakai sepatu atau pakaian yang sesuai

Yang terakhir adalah dengan menggunakan pakaian maupun yang sesuai untuk menjalankan olahraga lari. Ini sangat penting sekali karena dengan menggunakan atribut berlari yang sesuai ternyata dapat membuat kita lebih nyaman ketika sedang berlari.

Carilah pakaian yang ringan dan tidak panas saat dipakai, dengan begitu saat kamu menjalankan aktivitas lari supaya tetap lincah saat menggerakan anggota tubuh. 

Pilihlah sepatu yang khusus running dengan sepatu running tentu sangat efektif sekali dalam membantumu melakukan aktivitas berlari dengan nyaman sehingga bisa terhindar dari cidera yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel mengenai "5 Tips lari untuk pemula, supaya tetap konsisten" semoga dapat kamu praktekan dan bisa bermanfaat. Jangan lupa bagaikan artikel ini kepada teman-temanmu baik melalui grup watsapp atau media lain supaya bisa menularkan virus untuk hidup yang lebih sehat penuh kebahagiaan :)

Sumber Referemsi: runner.id

7 coment

Pilih sepatu penting banget nih..sejak ganti sepatu, lebih ringan kalo lari..harga gak pernah bohong..hihiih

iya tentu kak, sepatu adalah kunci utama uintuk pelari bisa melesat hingga garis finish :D

Kalau lari yang paling sulit memang menjaga konsistensi, saya sendiri dah bolak-balik, lari-nggak, lari-nggak...sekarang malah jadi banyak bolongnya dan susah buat konsisten.

Satu tips lagi, klo mau konsisten usahain jangan ada jeda sebelum jadi kebiasaan, soalnya saya klo dah bolong sekali bawaannya bolong terus-terusan, kekeke

Iyess betul sekali mas, Konsisten adalah kunci :D

Untuk poin 3, saya gak biasa ngobrol pas lari. hehehe. Tapi secara keseluruhan, artikelnya bagus kak. Kebetulan saya butuh juga informasi tentang lari ini.

Nah ini. Kadang pengen lari tapi karena ngga ada teman jadi ngga jadi, hehe


EmoticonEmoticon