Minggu, 28 Oktober 2018

4 Jenis Recovery, Yang Sering Dilakukan Para Runners

Sumber Gambar: https://sportku.com/read/28765/bfi-finance-gelar-lomba-lari

Pemulihan tubuh tidak berlaku untuk orang yang mengalami cidera saja, melainkan untuk para pelari yang selesai menjalani lomba marathon juga memerlukan pemulihan. Pemulihan atau sering disebut dengan recovery sangat penting dilakukan agar stamina dalam tubuh kembali normal untuk menjalani program latihan dengan disiplin untuk menyongsong lomba berikutnya. 

Sebenarnya ada banyak sekali program recovery yang bisa kamu lakukan, namun dalam artikel yang penuh energik kali ini admin akan membahas 4 ecovery Yang sering dilakukan para runners saat selesai menjalani lomba marathon. Jenis recovery apa sajakah itu, mari kita simak dalam sajian yang yang sangat renyah di bawah ini:


1/ Melakukan Pendinginan


Saat setelah memasuki garis finish, jangan langsung duduk. Usahakan untuk melakukan peregangan atau pendinginan terlebih dahulu. Pendinginan setelah berolahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot dan menjaga performa tubuh tetap dalam kondisi prima. Jenis pendinginan yang dapat kamu lakukan ialah jogging ringan, atau hanya sekedar jalan saja setelah itu diakhiri dengan peregangan tubuh.

2/ Beri Kesempatan Tubuh Untuk Istirahat Yang Cukup


Setelah menjalani lomba pada hari minggu, hari esoknya kamu dapat melakukan istirahat total gunakanlah waktu ini untuk membaca buku, berenang, atau melakukan meditasi dengan harapan otot-otot serta tubuh segera pulih. Setelah semuanya selesai sore harinya kamu dapat melakukan latihan dengan program easy run, yaitu berlari dengan pace 5:00.


3/ Makan Yang Bergizi


Banyak para pelari setelah menjalankan lomba merasa bahagia, karena bisa melahap makanan yang sebelumnya tidak boleh dimakan menjelang lomba. Tambahlah karbohidrat serta protein yang cukup untuk tubuh guna mengganti energi dalam tubuhmu yang hilang saat menajalani lomba.


Jangan lupa lengkapi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih paling sedikit 2 liter per hari. Menambah susu atau jus buah juga sangat baik guna melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang ketika sedang berlari.


4/ Travelling


Yang terakhir adalah traveling. Saat kamu sedang melakukan lomba lari di daerah yang terdapat wisata yang mempesona, kamu dapat mengunjungi sekaligus untuk recovery setelah berlangsungnya lomba. 


Semisal kamu mengikuti lomba di Pulau Dewata atau Pulau Lombok, selesai lomba bisa kamu gunakan untuk mengunjungi tempat wisata yang memukau yang terdapat di daerah tersebut. Selain untuk recovery untuk menstabilkan performa juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran supaya tetap positif untuk menyongsong lomba berikutnya.


Demikianlah sajian artikel diatas semoga dapat menambah wawasan para pembaca sekalian mengenai recovery setelah menjalani lomba. Keep Spirit dalam menjalani program latihan semoga para pembaca blog ini dalam lomba yang akan datang dapat memperoleh personal best, maupun menaiki podium Juara. Aamiin.





Sumber Referensi: 

1. https://runner.id
2. http://www.cosmopolitan.co.id.
3. http://okcantik.com

2 coment

yang terakhir setuju banget..harus traveling :)

iya mas, sayang kalau tidak dicoba :)
karena saat ini event selalu dilakukan di lokasi tempat wisata


EmoticonEmoticon