Terungkap! 3 Nutrisi Yang Penting Untuk Seorang Pelari

Sumber Gambar: Freepik.com
Untuk menjaga performa supaya bisa tampil maksimal dan bisa meraih kemenangan adalah harapan semua atlet olahraga termasuk atlet lari. Menjalankan program latihan yang disiplin serta menjaga pola tidur dengan baik saja ternyata tidak cukup melainkan harus diimbangi dengan mengisi nutrisi dalam tubuh si atlet. Meskipun ada banyak sekali nutrisi yang bisa dikonsumsi namun ada 3 komponen nutrisi yang paling penting untuk menunjang performa saat berlari.

Dalam artikel yang sangat renyah kali ini, admin akan mengupas tuntas mengenai 3 Nutrisi yang paling baik untuk tubuh supaya tetap fit dalam performa yang cetar membahana saat menjalankan program latihan. Ketiga nutrsi tersebut ialah Karbohidrat, Sodium dan Zat besi. 

Harapanya dengan mencukupi 3 nutrisi yang saya bahas dibawah ini, bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam memanuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang sangat penting bagi seorang pelari, karena karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar bagi seorang atlet. Berapa banyak karbohidrat yang harus dimasukan kedalam tubuh si atalet?, tentu semua tergantung pada seberapa jauh dan cepat si atlet berlari. Jika si atlet berlari dengan jarak yang jauh dengan kecepatan yang cepat tentu karbohidrat yang dimasukan tentu juga lebih banyak.

Walaupun si atlet minum, minuman energi tapi tidak di imbangi dengan karbohidrat yang cukup tentu bisa berefek pada turunnya performa si atlet. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung gizi yang cukup serta mengandung karbohidrat antara lain, Ubi Jalar, Jagung, Gandum, Quinoa, Nasi, dst. Selain itu, jangan lupa untuk memasukan protein kedalam tubuh, protein juga bermanfaat untuk menunjang perbaikan otot, serta pemulihan bagi tubuh penting lainnya.

2. Sodium

Bagi seorang pelari sodium adalah nutrisi tambahan untuk dikonsumsi. Perlu diketahui sodium memiliki peran yang sangat penting untuk seorang pelari, peranan tersebut ialah untuk memenuhi kebutuhan cairan yang ada didalam tubuh serta untuk memastikan cairan yang masuk ke dalam tubuh dengan tepat. Selain itu elektrolit utama yang keluar melalui keringat dari dalam tubuh saat olahraga adalah sodium. 

Oleh karena itu, anda membutuhkan sodium sebelum, sesaat, ataupun sesudah lari. Kebutuhan sodium ini sangat penting bila kamu orang yang berkeringat asin, keringat asin yang bagaimana? keringat yang bisa ditandai dengan garis putih pada pakaian akibat keringat atau bisa diketahui dengan mata yang perih akibat keringat terkena mata.
Sumber sodium dapat ditemui pada kandungan minuman isotonik, roti, keju dan sup.

3. Zat Besi

Zat besi adalah peranan penting untuk tubuh yang harus dipenuhi ketika sebelum belari, fungsi zat besi sendiri ialah sebuah komponen yang membentuk sel darah merah untuk membawa oksigen pada otot tubuh. Karena apabila kekurangan zat besi bisa mencegah otot tubuh untuk mendapatkan jumlah oksigen secara maksimal. Seorang pelari berisiko tinggi kekurangan zat besi karena cepat dikeluarkannya melalui keringat dari dalam tubuh. Namun tidak hanya pelari saja yang berisiko tinggi kekurangan zat besi melainkan bisa terjadi pada seorang wanita yang telah memasuki usia subur terutama saat sedang menstruasi.

Kekurangan zat besi secara bertahap akan menyebabkan tubuh mengalami amenia, oleh karena itu atlet dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh. Banyak sekali makanan yang mengandung zat besi antara lain daging merah, kacang-kacangan, ikan, tahu, quinoa, bayam, dst.
untuk meningkatkan penyerapan zat besi kedalam tubuh bisa dikombinasikan dengan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk, brokoli, stroberi, nanas, mangga, dst.






Sumber Refernsi: Kompas.com 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel