Hikmah yang bisa dipetik, dengan adannya pandemi COVID19

by - April 12, 2020


Sumber gambar: sid ligh
Virus corona atau yang disebut dengan covid-19 adalah sebuah virus-virus yang sangat bahaya bagi manusia. Saking bahayanya virus ini, menyebabkan banyak orang ketakutan tak terkecuali saya pribadi. Menurut beberapa berita yang saya baca, virus ini dapat menyerang paru-paru manusia yang bisa menyebabkan sesak nafas sehingga bisa mengakibatkan kematian.

Sangat mudahnya menular, tentu menjadi warning untuk semua orang agar lebih hati-hati dan tetap waspada dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Dari pemerintah pusat, hingga rakyat yang tinggal di daerah semuanya sudah kompak dalam menangkal virus covid-19 ini agar tidak meluas lagi.

Menerapkan karantina wilayah, pengecekan setiap tamu dari luar daerah yang berkunjung secara ketat hingga rutinnya penyemprotan disinfektan secara rutin selalu dilakukan semua elemen guna mencegah virus corona. 

Virus corona selain merusak sistem kesehatan manusia, juga sudah merusak perekonomian dunia. Seperti kita ketahui dengan seksama banyaknya negara yang sudah menerapkan lockdown tentu sangat berdampak dengan aktivitas perdagangan antar negara, sehingga menyebabkan perekonomian menjadi kurang stabil.

Di daerah saya sendiri, sudah banyak pelaku usaha-usaha yang menutup sementara usahanya demi mendukung langkah pemerintah untuk memutus virus corona. Mau tidak mau, suka atau tidak suka menurunnya omzet harus diiklashkan.

Hikmah Membuat Kita Lebih Hidup Bersih


Sumber gambar: Caludio schwarz
Adanya wabah corona disamping merugikan banyak pihak, disatu sisi  ada hikmah yang begitu manis yang bisa kita petik. Entah ini opini saya pribadi atau pembaca juga mengiyakan. Sebelum adanya corona, seringkali mencuci tangan hanya sebatas nyuci saja tanpa menggunakan sabun. Sekarang lebih giat lagi bahkan setiap pegang apa saja setiap mau makan pasti langsung ambil sabun dan air. 

Sebelumnya yang biasa megang laptop atau gadget mau makan biasa tinggal langsung makan tanpa nyuci tangan dahulu, saat ini alam sadar pikiran seperti memberikan sebuah sinyal kepada diri kita untuk cuci tangan menggunakan sabun dahulu hingga bersih. Tak heran apabila sabun cuci tangan segala merek dari yang mahal hingga yang murah sudah habis tak terhingga di Supermarket.

Pola hidup lebih bersih selama pandemi ini saya terapkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sangat berdampak positif bagi saya pribadi. Selain menjaga tubuh tetap bersih harapannya juga terhindar dari segala macam bakteri maupun virus lainnya.

Hikmah Lebih Giat Olahraga


Sumber gambar: Sam sabourin
Meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat menjadi pondasi utama agar kebal dari segala penyakit. Perlu diketahui dengan seksama imun yang lemah menjadi peluang bagi penyakit untuk masuk dalam tubuh. Oleh karena itu banyak sekali anjuran-anjuran agar banyak orang untuk meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga.

Olahraga adalah salah satu langkah efektif guna meningkatkan imun tubuh. Selama pandemi masyarakat di daerah tempat saya tinggal kini banyak sekali yang melakukan olahraga, ada yang hanya sekedar jalan kaki, jogging hingga bersepeda. 

Berbagai alasan mereka lontarkan kenapa menjadi rajin olahraga? jawabanya pun juga bermacam-macam supaya badan tetap ideal, menghilangkan rasa jenuh dan paling penting supaya terbebas dari segala macam penyakit karena imun tubuh menjadi kuat. Saya sendiri pun juga sama, porsi olahraga saya semakin banyak, karena banyak waktu di rumah, maklum sedang work from home.

Hikmah Meningkatkan Rasa Peduli Kemanusiaan


Sumber gambar: Kelly Sikkema
Hikmah yang paling sangat disyukuri yakni membangkitkan rasa kemanusiaan terhadap sesama, ini salah satu hikmah yang sangat luar biasa ada. Virus corona sangat berdampak bagi semua kalangan banyak sekali kerugian materi yang lumayan banyak sehingga mengakibatkan banyak orang menjadi khawatir.

Namun ditengah wabah corona, ternyata mampu membangkitkan rasa kemanusiaan yang begitu luar biasa banyak orang berlomba-lomba menebar kebaikan, ada yang rela menjual kendaraan pribadinya supaya ikut donasi, ada yang rela tabungan liburannya dialihkan untuk berdonasi barusan saja legenda musik Indonesia mas Didi kempot juga telah melakukan konser amal untuk meringankan masyarakat Indonesia yang terkena dampak corona ini.

Rasa gotong royong dan kepedulian ditengah wabah corona seperti ini layak untuk diapreasi betul, tidak membedakan agama, suku, ras hingga politik semua berlomba-lomba agar semuanya selamat sehingga wabah corona segera hilang.

Harapan serta doa selalu senantiasa dipanjatkan setiap insan semoga dalam waktu dekat wabah corona juga lekas hilang, apalagi dalam hitungan hari kedepan umat muslim disegala penjuru dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan. 

Tetap yakin, lakukan langkah terbaik sesuai anjuran pemerintah maupun tim medis lainnya agar kita semua bisa melewati semua ini dengan penuh semangat. Harapan selalu ada. 

Para pembaca sekalian, yang sedang merantau dimanapun tahan dulu niatan mudiknya hingga benar-benar situasi kondusif, ada saatnya nanti bisa mudik, berkumpul sama orang-orang terkasih. Tetap jaga kesehatan, pakai masker, hidup lebih bersih dan perbanyak doa.

You May Also Like

0 coment