4 Langkah Efektif Membangkitkan Semangat Berlari

by - Februari 01, 2020

Foto by: Victoire Joncheray
Rasa malas, jenuh disertai penat terkadang muncul ketika sedang menjalankan olahraga setiap hari. Apabila perasaan tersebut muncul terkadang olahraga menjadi tak lagi nyaman sehingga program latihan pun menjadi berantakan. Tak jarang banyak sekali orang yang dulunya giat berolahraga kemudian terjangkit rasa malas akhirnya enggan lagi berolahraga.

Padahal rasa malas olahraga tersebut bisa disembuhkan dengan perasaan bahagia serta paksaan dalam diri kita.

Sedikit cerita, beberapa bulan lalu usai Borobudur Marathon 2019, saya mengalami cidera ringan yakni rasa nyeri pada kaki ketika sedang berlari. Rasa nyeri tersebut alhasil membuat saya menepi beberapa waktu pada program latihan yang telah saya buat.

Recovery yang saya jalankan demi kesembuhan kaki terhitung cukup lama, hampir 3 minggu absen dalam berolahraga lari. *Busyett, lama sekali*

Pada suatu ketika, setelah menjalankan terapi kaki saya berangsur membaik, kaki terasa menjadi ringan dan tidak sakit lagi perasaan bahagia muncul dalam hati alhasil saya pun mengubah jadwal latihan saya, supaya tetap optimal. Hampir 3 minggu menepi dari kegiatan olahraga dan berlari ternyata membentuk habit kurang bagus dalam diri.

Ketika mencoba untuk memulai program latihan, diri ini enggan diajak berlari hawanya ingin rebahan, scroll sosmed tanpa ada tujuan meningkatkan skills, yap waktu pun terbuang sia-sia.

Tetapi kebiasaan buruk tersebut beberapa hari ini dapat saya sembuhkan dengan 4 langkah berikut, entah kenapa 4 langkah tersebut membuat saya semangat lagi dalam berolahraga lari.

Bagi kalian yang saat ini terjangkit rasa malas berolahraga, mungkin tulisan ini bisa menjadi solusi dalam membangkitkan semangat olahraga khususnya berlari. Seperti apa ulasan lengkapnya mari kita simak lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Mencari Lokasi Baru

Dalam mencoba membangkitkan semangat berolahraga, langkah perdana yang saya ambil yakni mencari tempat baru yang pastinya jauh dari lalu lantang kendaraan bermotor. 

Dengan lokasi terbaru sangat bagus dalam meningkatkan antusias saya berolahraga karena kebosanan yang ada dalam pikiran saya perlahan-lahan hilang.

Lokasi yang saya pilih yakni daerah penggunungan yang kaya udara sejuk serta rindangnya pohon. Saya memilih dataran tinggi dengan alasan sangat bagus guna memperbaiki fisik serta mengencangkan otot kaki yang uda 3 minggu tidak olahraga.

Termotivasi oleh pelatnas yang dilakukan oleh Mas Agus Parayogo didaerah dataran tinggi. harapannya setelah rutin berlatih di dataran tinggi dapat mengembalikan performa dan menambah speed berlari kian lebih kencang lagi guna memperbaiki catatan waktu dalam berlari.

Bagi saya pribadi, lokasi baru sangat bermanfaat banget karena tidak membuat bosan.

2. Bentuk Program Latihan

Selanjutnya yakni membuat program latihan. Dengan adanya program latihan sangat membantu saya dalam giat berlatih. Setiap hari sudah ada jadwal-jadwal latihan yang harus dilakukan, dengan harapan agar terpancing untuk bersemangat berlatih. Apalagi dalam Program latihan tersebut ada sebuah goals yang harus kalian wujudkan.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah program latihan. Perkembangan teknologi yang semakin canggih sangat berdampak positif dalam dunia olahraga wabil khusus lari. Saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang dapat membantu membuat program latihan yang dapat kita sesuaikan.

Dari aplikasi tersebut nantinya bisa memilih program latihan untuk menyiapkan program latihan apa?, nah dari situ tinggal ikuti intruksinya saja dan lakukan secara rutin.

Apabila bingung, kalian dapat mencari pelatih lari atau bisa mengikuti sebuah komunitas, nantinya akan mendapat sebuah ilmu baru mengenai dunia lari yang dapat kamu terapkan dalam program latihan.

3. Gunakan Peralatan Olahraga yang Nyaman

Ketika sedang comeback dalam berolahraga setelah recovery dalam waktu yang panjang, sebisa mungkin gunakan peralatan olahraga yang nyaman untuk anggota tubuh kalian. Karena begitu penting supaya ketika sedang olahraga tidak merasakan rasa ketidak nyamanan yang dapat berujung cidera.

Boleh-boleh saja mengikuti produk yang lagi ngtrend, tapi sesuaikan dulu dengan kebutuhan anggota tubuh, agar saat olahraga tubuh tetap nyaman dan bisa berolahraga tanpa rasa nyeri.

4. Ajak Kawan yang Memiliki Semangat Olahraga

Langkah yang terakhir yakni, ajak kawan yang memiliki semangat olahraga supaya bisa menjadi pemacu semangatmu untuk berolahraga. Langkah terakhir ini sering saya pribadi lakukan.

Dengan adannya teman ketika berlari, membuat semangat lebih, karena saling support memberikan arahan apabila saat berlari mengalami gangguan kecil. Tidak hanya itu saja sebenarnya, yang lebih penting bisa menghilangkan rasa bosan.

Beberapa langkah tersebut sudah saya lakukan setelah pulih dari cidera kemarin, alhamdulillah memberikan dampak positif sehingga dapat olahraga seperti dulu kala dengan penuh semangat.

You May Also Like

0 coment