Jangan Ada Calo, Diantara Penghobi Lari

by - Januari 17, 2020

 
Foto by: Ben Stern
Kenapa saya 5 tahun lalu hijrah ke cabang olahraga lari?? Alasanya simple, yakni olahraga lari sangat mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun bahkan hampir tidak dipungut biaya alias gratis. Yap saya pribadi jatuh cinta kepada lari jarak jauh mulai 2014 silam, semenjak ingin mewujudkan cita-cita saya menjadi Prajurit Bintara TNI Angkatan Udara.

Sebelum hari pendaftaran tiba, hampir setiap pagi saya terus berlari, jarak demi jarak menembus dinginnya pedesa’an setiap pagi saya lakukan, agar kemampuan fisik saya terus kuat agar harapan untuk mewujudkan cita-cita bisa terwujud.

Tibalah hari pendaftaran, setelah melewati beberapa seleksi ternyata ada 1 syarat penting yang tidak saya penuhi yakni tinggi badan saya kurang 2 cm saja.

Bayangkan persiapan fisik serta pikiran saya lakukan setiap harinya walupun akhirnya cita-cita untuk menjadi Bintara Angkatan Udara harus sirna.

Walaupun sudah tidak ada lagi harapan untuk menjadi Prajurit Tentara, namun semangat saya pribadi dalam melakukan olahraga lari jarak jauh terbilang masih aktif sampai tulisan ini dibuat. Yap, olahraga lari jarak jauh sudah menjadi sebuah kegiatan wajib saya sebelum aktivitas bekerja.

Saking cintanya terhadap lari jarak jauh terselip rasa hambar apabila melewatkan olahraga lari 1 hari saja.

Latihan demi latihan terus saya lakukan, sebagai upaya agar tubuh tetap kuat dan pikiran mampu untuk selalu berinovasi dalam karir yang lebih cemerlang. Pada akhirnya tepat 2015 silam saya menemukan sponsor dimedia sosial instagram seputar Borobudur Marathon.

Rasa penasaran mengenai Borobudur marathon, alhasil terus mendalami situs Borobudur marathon, serta mempelajari situs tersebut. 

Tak berlangsung lama, sekita langsung terlintas dipikiran saya “Wah menarik juga nih, untuk menguji kemampuan lariku sampai mana” tanpa panjang lebar kemudian saya mendaftarkan sebagai peserta mengambil jarak 10K.

Dalam lawatan perdana pada event Borobudur marathon tersebut, terbilang sangat sukses karena berhasil finish dalam catatan waktu kurang lebih 50 menit.

Sambil berjalannya waktu, beberapa tahun kemudian event lari marathon beken-beken kembali muncul disuluruh penjuru kota Indoneisa. Hingga akhirnya event-event berkelas menjadi sebuah penantian para pelari agar dapat unjuk gigi dalam event bergengsi.

Antusias para runners yang sangat luar biasa, sering kali menjadi animo tersendiri bagi semua kalangan, ketika pendaftaran event lomba lari berkelas tiba, para runners juga sudah diminta untuk berkompetisi cepat-cepatan dalam mendapatkan sebuah slot kategori yang diikuti.

Pendaftaran yang dibuka secara online sangat memudahkan para runners yang ada disuluruh penjuru dunia, perlu diketahui event-event berkelas di Tanah Air juga membuka untuk para runners yang berasal dari semua negara di dunia.

Tak dibohongi, antusias yang begitu luar biasa pendaftaran baru dibuka dalam hitungan menit ribuan slot yang tersedia langsung ludes des semua kategori.

Antusias ini sangat layak untuk diacungi jempul, kenapa? karena semangat masyarakat dalam menjalankan olahraga sangat luar biasa besar. Menunjukan masyarakat yang gemar hidup sehat sangat banyak.

Namun beberapa tahun terakhir ini, antusias yang luar biasa kerap kali dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mencari keuntungan melalui slot yang sudah didaftarkan dijual kembali dengan harga hingga 10 kali lipat dari harga aslinya. Tentu ini sangat merugikan para runners yang betul-betul niat ingin menguji kemampuannya dalam event bergengsi.

Bahkan, beberapa hari yang lalu ada yang jual slot lomba event lari bergengsi dengan harga sekitar 4,5 Juta tentu ini membuat para runners geleng-geleng kepala.

Padahal menjual slot sangat beresiko sekali, coba bayangkan apabila ketika event berlangsung ada sesuatu yang urgent kemudian data yang diambil melalui no BIB tidak sesuai pasti bisa merugikan pelari sendiri.

#FYI penulis beberapa bulan lalu menyaksikan sendiri, ada pelari yang menggunakan slot orang kemudian merengkuh podium setelah dicek data tidak sama alhasil didiskualifikasi. Rasanya gimana coba, uda berjuang sepanjang lintasan akhirnya didiskualifikasi padahal Juara.

Sepengetahuan admin dahulu, orang menjual slot karena betul-betul tidak bisa hadir sehingga mereka jual dengan harga relatif lebih murah itupun menjualnya beberapa hari menjelang hari H. Menjualnya pun secara privasi.

Egga seperti sekarang, pendaftaran dibuka kuota sudah penuh beberapa jam kemudian ada yang jual dengan harga relatif tinggi, entah kenapa meraka memanfaatkan momen seperti ini.

Penulis selalu berharap, mari berikan ruang untuk para runners yang ingin menguji kemampuannya dalam event lomba lari marathon bergengsi, siapa tau mereka yang punya kemampuan untuk menguji hasil latihannya setiap hari bisa naik podium juara, sehingga memotivasi runners tersebut dapat membawa nama Indonesia diajang event lomba lari dunia.

Pasti banyak orang bangga nantinya, ada pelari Indonesia bisa merengkuh gelari Tokyo Marathon ataupun Boston Marathon dikemudian hari.

Alih-alih untuk mencari keuntungan dengan sistem calo, lebih baik membantu para runners lain dalam melakukan registrasi, lewat situ nantinya kita bisa menjalin silaturahmi secara harmonis yang kedepannya dapat bermanfaat untuk diri kita sendiri dikemudian hari.

Di kabupaten Sleman tempat tinggal saya, setiap tahun sekali selalu ada event bergengsi yanki Jogja Mandiri Marathon. Sebagai tuan rumah saya bersedia untuk membantu para runners yang berasal dari berbagai kota.

Apabila ada waktu senggang saya pribadi kerap menawarkan diri mengambilkan racepack, menyiapkan sarapan, menyiapkan tempat tidur bagi runners yang ingin bermalam dirumah. Itu saya lakukan tanpa pamrih guna menjalin silahturahmi sesami pelari dengan baik.

Yuk mulai saat ini juga, hilangkan niatan untuk menjadi calo menjual slot lomba lari jangan ada lagi percaloan yang membuat para runners kecewa.

Salam, sehat selalu semua runners, semangat ya dalam merengkuh target yang sudah dibuat entah PB maupun podium Juara!.

You May Also Like

1 coment

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus