Perhatikan Hal Berikut Ini, Jika Ingin Berlari Tambah Cepat


Saat sedang mengikuti event lari marathon, sering melihat pelari lain yang berlari lebih cepat dari kita. Perasaan penuh penasaran sering kali membayangi kita setelah menyelesaikan sebuah race event lomba lari marathon. Bisa berlari dengan kecepatan yang maksimal adalah salah satu harapan yang diingin oleh semua pelari yang demen banget ikut race untuk mencapai tujuan catatan waktu terbaik maupun menaiki podium juara.

Jujur saya sendiri pernah bertanya kepada, seorang atlet nasional "Mas bagaimana caranya bisa berlari dengan cepat" dengan penuh senyum mereka hanya menjawab "perbanyak latihan". Tentu jawaban tersebut sering kali kita dapatkan jika kita bertanya kepada pelari lainnya juga maupun seorang pelatih.

Tak dipungkiri latihan dengan tekun dan penuh kedisiplinan termasuk kunci utama untuk mewujudkan meraih catatan waktu terbaik maupun menaiki podium juara, dengan kata lain Hasil Tak Menghianati Usaha.

Jika kamu ingin meningkatkan kecepatan dalam berlari ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui, supaya hasil latihan yang kamu jalankan dapat sesuai harapan.

Mengutip paparan ilmu yang dibagaikan oleh coach Agung gantar dalam laman instagramnya, bagi seorang pelari jarak jauh hal utama yang harus dilakukan yakni dengan meningkatkan VO2 max setinggi-tingginya yang berfungsi supaya kita dapat berlari lebih jauh dan jauh lebih selain itu bisa mendukung pemulihan usai lathan dengan lebih cepat.

Jangan lupa ukur VO2Max kita sendiri, hingga mencapai minimal 40 m/kg/min. Dengan tulisan berikut kita bisa memahami serta mengambil gagasan pokoknya yakni fokus kita meningkatkan VO2Max terlebih dahulu.

Untuk melihat data mengenai VO2Max kamu bisa melihat gambar dibawah ini:
Sumber gambar: IG @agunggantar
Sebelum kamu bertanya, akan saya jawab terlebih dahulu bagaimana cara untuk meningkatkan VO2Max kamu, hal yang harus kamu lakukan yakni dengan berlari sejauh mungkin dengan waktu yang lama.

Dalam postingan tersebut, coach gantar juga memberikan sebuah pesan jika VO2Max kita belum mencapai angka 40 m/kg/min jangan berfikir untuk berlatih interval, hill training, speed max supaya tidak menimbulkan sesuatu yang tidak kita inginkan.

Selanjutnya, jika kamu ingin menambah kecepatan hal yang mesti kamu lakukan yakni dengan menjaga keseimbangan tubuh dengan baik, otot yang kuat dan kekuatan sendi fleksible.

Keseimbangan tubuh saat sedang berlari dalam kecepatan maksimal tentu sangat dibutuhkan sekali guna saat berlari tubuh tetap rilexs.

Selanjutnya otot yang kuat serta sendi yang flkesibel sangat diperlukan saat berlatih, perlu kita ketahui dengan seksama latihan kecepatan tentu menimbulkan benturan tapak'an kaki terhadap track yang cukup keras. Oleh sebab itu untuk mendukung impact benturan yang sangat keras tersebut sangat diperlukan otot yang kuat dan sendi yang fleksibel.

Jika pembaca sekalian ingin mengetahui sudah sampai mana kekuatan otot maupun sendi, kalian dapat mempraktekan gerakan yang dicontohkan oleh coach agung gantar dalam postingan instagram di bawah ini:


Pada dasarnya lari jarak jarak jauh itu paling penting adalah daya tahan serta kekuatan jika keduanya itu kamu miliki dengan baik bukan mustahil kamu dapat berlari dengan penuh kesungguhan meraih catatan waktu terbaik.

Pesan dari coach Agung, yakni fokus dahulu dengan pengembangan aerobic serta melatih otot-otot dan anggota tubuh yang lain supaya dapat memiliki fleksibilitas dengan baik.




Sumber refrensi: Coach Agung Gantar

Belum ada Komentar untuk "Perhatikan Hal Berikut Ini, Jika Ingin Berlari Tambah Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel