Manfaat Yang Wajib Kamu Ketahui Dari Buah Kurma

Foto by: www.butterkicap.com, edit by: Penulis
Memasuki bulan ramadahan seperti saat ini, banyak sekali makanan khas Ramadhan yang bermunculan seperti halnya buah kurma. Seperti kita ketahui dengan seksama disaat bulan Ramadhan buah kurma selalu menjadi menu primadona yang disantap saat buka puasa. Bahkan Nabi Muhammad SAW menyunahkan untuk mengawali buka puasa dengan buah kurma dengan jumlah ganjil.

Warna coklat tua yang cendurung agak kehitaman buah ini memiliki rasa yang begitu lezat nan manis. Sehingga sangat cocok sekali sebagai menu awal santap buka puasa. Selain rasa yang begitu manis ditambah daging yang begitu tebal, buah ini juga mengandung manfaat yang begitu banyak untuk memenuhi kebugaran tubuh tak terkecuali untuk menambah energi para atlet.

Dalam artikel edisi spesial bulan Ramadhan kali ini, penulis akan memberikan sebuah ulasan mengenai manfaat dari buah kurma. Seperti apa ulasan lengkapanya untuk itu mari kita simak artikel ini hingga selesai dengan penuh antusias.

1. Menjadi Sumber Energi

Dibalik rasanya yang begitu lezat, didalam buah kurma ternyata kaya sekali dengan kandungan glukosa dan fruktosa yang merupakan sumber energi untuk memulihkan tubuh kembali dalam performa stabil setelah seharian menjalankan ibadah puasa.

Bahkan menurut USDA (United States Department of Agricultureyang dilansir pada laman msn.com buah kurma merupakan sumber energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia meliputi vitamin, zat besi, fosfor, kalium, magnesium, sulfur.

Banyak sekali vitamin yang terdapat pada buah kurma sehingga menjadi buah favorit penulis yang wajib disantap saat akan menjalankan olahraga.

2. Membantu Mengontrol Pola Makan

Ketika adzan magribh berkumandang, semangat kita saat akan buka puasa sangat mengebu-gebu bahkan semua makananan yang ada diatas meja makan kalau kita tidak bisa mengontrol nafsu makan bisa kita lahap semua. Sehingga untuk meghindari nafsu makan yang begitu mengebu-gebu alangkah baiknya mengonsumsi buah kurma dahulu sebelum makan makanan yang berat.

Kandungan sumber energi yang ada dalam buah kurma mampu mengontrol rasa lapar setelah berbuka buka puasa, sehingga mampu mengontrol nafsu makan kita untuk tidak makan berlebih. Perlu kita ketahui makan yang berlebih bisa berdampak negatif untuk tubuh selain tubuh menjadi berat tentu bisa gampang mengantuk.

Apalagi selesai buka puasa masih menjalankan ibadah Sholat Tarawih, tadarus Al-Qur'an yang mana tentu membutuhkan performa yang baik.

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Ketika mejalankan puasa tentu tubuh kekurangan serat yang terkadang mengganggu pencernaan, namun untuk mengatasi hal tersebut buah kurma memberikan sebuah solusinya.

Serat larut dan asam amino yang terdapat dalam buah kurma mampu meringankan sistem pencernaan sehingga bisa menjadi solusi untuk mencegah sembelit.

4. Memperkuat Fungsi Otot

Kandungan potasium yang terdapat dalam buah kurma, juga mampu mendukung kekuatan otot sehingga dapat menghindari cidera.

Selain itu, buah kurma juga memberikan gajalan perut saat selesai olahraga maupun aktivitas fisik berat karena gula alami yang terkandung dalam buah kurma bisa menjadi pengganti energi yang hilang setelah menjalan olahraga maupun saat sedang aktivitas.

5. Mampu Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah

Mengonsumsi daging serta karbohidrat saat berbuka puasa tentu dapat meningkatkan keasaman darah , untuk mengantisapasi hal tersebut buah kurma dapat menyeimbangkan keasaman darah.

Sekian beberapa poin diatas mengenai manfaat dari buah kurma yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh supaya tetap fit. Semoga dengan secarik artikel berikut bisa memberikan relasi untuk pembaca sekalian.

Tak terasa puasa sudah memasuki hari ke 8 tetap semangat dan konsisten. Jangan pernah putus asa ditengah jalan jika belum memasuki garis finish nanti.



Sumber referensi:
1. lifestyle.kompas.com
2. kumparan.com

1 Komentar untuk "Manfaat Yang Wajib Kamu Ketahui Dari Buah Kurma"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel