Senin, 15 April 2019

4 Tips Supaya Keuanganmu Tetap Aman, Walaupun Kamu Hobi Liburan

Tags

4 Tips Supaya Keuanganmu Tetap Aman, Walaupun Kamu Hobi Liburan

Pagi yang terik ketika itu menyambut saya penuh kehangatan untuk mengawali semangat aktivitas. Seperti biasa pagi hari saya selalu bercangkrama dengan bapak sambil menyeruput teh hangat sambil membicarakan impian-impian yang akan aku capai.

Pembicaraan berlangsung tambah seru saat akan mulai berangkat bekerja, antusias pun terpancar pada raut wajah kami berdua. Entah apa yang dipikirkan bapak, tiba-tiba bapak menanyakan kepada saya sebuah pertanyaan yang sangat saya ingat betul. Sehingga kami pun berdialog dengan penuh keseriusan.

Bapak  : "Nak kamu sudah berapa lama kerja di Perusahaan tersebut?".
Saya    : "Sudah hampir setahu pak".
Bapak : "Kamu hobi liburan, berapa tabungan yang sudah kamu peroleh selama kam bekerja"
Saya    : "Saya langsung terdiam dan menjawab saldo di rekening kurang dari 1 juta pak".
Bapak : "Lho, kamu kan serorang lak-laki gak ingin po punya rumah".

Setelah itu saya pun terdiam dan intropeksi diri sambil berkata "Kemana ya uang saya terima setiap bulannya, kok gak ada bekas yang tersisa" kalimat tersebut selalu terekap di benak saya hingga tanggal gajian tiba.

Seusai gajian, saya langsung saya gunakan untuk membeli buku tentang pandai financial dan mengikuti sebuah seminar dengan materi cerdas financial. Setelah membaca buku dan mengikuti sebuah seminar tersebut, alhamdulillah saya mengalami perubahan dalam menyusun keuangan lebih baik lagi. 

Keuangan saya lebih rapi dan sudah mempunyai sebuah instrumen investasi yang akan saya gunakan kelak untuk membeli rumah maupun membangun rumah.

Pada dasarnya, untuk meraih mapan finansial itu sangat mudah, pondasi utamanya yakni niat yang ada dalam diri kita. Kalau kita bisa membangun niat untuk financial insyallah dengan mudah kita bisa mewujudkan dengan baik.

Seperti yang sudah kita ketahui liburan saat ini telah menjadi sarana wajib yang harus dilakukan oleh segelintir orang demi sekedar refreshing maupun ingin menambah wawasan baru. Tak dipungkuri penulis blog disini juga hobi sekali berlibur baik di dalam negeri maupun luar negeri. Karena dengan berlibur mengunjungi kota atau negara orang membuat kita bisa banyak belajar mulai dari tata krama hingga melatih kemandirian yang ada dalam diri kita.

Walaupun saya hobi liburan, saya dengan niat kuat untuk bisa mengatur liburan saya semaksimal biaya semaksimal mungkin supaya pengeluran untuk liburan tetap terjaga dan bisa untuk investasi demi merenovasi rumah agar lebih baik lagi.

Tenang dalam arikel yang sangat renyah kali ini, saya akan membagikan 4 Tips Supaya keuanganmu Tetap Aman, Walaupun Kamu Hobi Liburan. Penasaran, ingin membaca lebih lengkapnya? Yuk simak poin-poin di bawah ini hingga selesai.

1. Langsung Investasi Setelah Menerima Gaji

Perasaan bahagia serta gembira setelah mendapat transferan gaji sering kali membuat kita sering terlarut dengan langsung membelanjakan gaji tersebut hingga kita tak sadar gaji hanya tinggal beberapa persen hanya buat dana operasional saja harapan untuk investasi menjadi pupus.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saya sarankan setelah menerima gaji, silahkan anda potong 30-40% untuk investasi. Namun saya masih pemula mas, mau investasi apa bingung?, oke baik bagi anda yang masih belum melek investasi saya sarankan untuk investasi ke reksadana maupun logam mulia.

kenapa saya sarankan rekasadana atau logam mulai/ karena kedua intrumen tersebut bersifat liquid, yang artinya sewaktu-waktu anda membutuhkan uang bisa segera anda cairkan. Perlu kita ketahui instrumen investasi reksadana di zaman penuh teknologi saat ini mudah sekali kita jumpai. Untuk memulia investasi reksadana pun tak harus dengan nominal juta-an, bahkan sekarang banyak sekali penyedia intrumen reksadana yang bisa anda lakukan dengan uang 100rb-an saja lho.

Namun jika anda memilih instrumen yang lebih aman dan mudah lagi, anda dapat memilih instrumen investasi logam mulia atau emas batangan. Emas batangan sangat flexible sekali dijadikan alat untuk investasi. Bahkan banyak sekali orang yang membeli logam mulia guna untuk mengantisipasi inflansi juga untuk DP rumah. Luar biasa sekali bukan.

Memulai investasi logam mulia, saat ini instrumen logam mulia juga sudah mudah didapat dan gak harus dengan nominal uang ratusan ribu rupiah. Banyak sekali lembaga maupun platform online yang menyediakan program tabungan emas yang bisa dilakukan dengan modal 50rb-an saja lho.

Namanya juga investasi tentu membutuhkan proses dan waktu dan niat konsisten supaya investasi yang anda lakukan dapat mencacapai impian yang anda harapan.

2. Membayar Cicilan Bulanan

Seperti kita semua ketaui, badai pasti berlalu namun cicilan tidak bisa berlalu apabila tidak kamu segera lunasi. Setelah gaji anda sudah disisihkan untuk post investasi, selanjutnya anda dapat menyisihkan untuk melunasi cicilan anda. Karena ini penting sekali, supaya cicilan anda segera selesai harapan untuk memulai hidup tanpa cicilan dapat terselesaikan.

Namun apabila anda tidak memiliki cicilan, post cicilan dapat anda masukan ke dalam post investasi. Sehingga investasi anda semakin banyak dan menambah anda untuk menjadi seorang moneysmart yang hebat.

3. Membeli Kebutuhan Dan Menabung Untuk Liburan 

Jika post no1 dan no 2 sudah tersusun dengan baik, selanjutnya sisa gaji yang anda peroleh bisa anda gunakan untuk membeli kebutuhan hidup selama sebulan dan kamu sisikan untuk uang transport kendaraanmu.

Apabila sudah kamu sisikan, jangan lupa kamu sisikan juga untuk dana liburanmu. Gak harus banyak, dikit demi sedikit dahulu setelah terkumpul dana liburan yang kamu peroleh dapat kamu gunakan untuk liburan baik ke manca negara maupu ke dalam negeri. Usahakan saat kamu liburan jadikan liburan sebuah refreshing berguna untuk menambah skill demi meningkatkan pekerjaan yang lebih cetar membaha lagi.

4. Sedekah

Sedekah atau berbagai kepada sesama, membuat hati menjadi lebih tentram. Alih-alih berkurang dengan bersedekah membuat rezeki lebih tambah deras ngalirnya bak air yang selalu mengalir pada sebuah sungai.

Banyak sekali manfaat dari sedekah yang di dapat mulai dari hati jadi tenang, pikiran lebih tenang hingga jiwa pun merasa damai.

Pikiran yang jernih, hati tenang membuat kita semakin enjoy dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari dengan penuh sukma. Sudah banyak diluar sana orang selalu menyisihkan gajinya untuk bersedekah.

Jika 3 post sudah terkondisikan dengan baik, jangan lupa untuk menyisihkan gaji untuk bersedekah.

Demikianlah 4 Tips Supaya Keuanganmu Tetap Aman, Walaupun Kamu Hobi Liburan. Harapannya setelah hadirnya artikel yang sangat renyah nan energik ini bisa menjadi wasilah untuk menjadi ahli dalam Smart Money.

Mari jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman maupun kerabatmu supaya terus #MoneySmartMenginspirasi banyak kalangan untuk rajin investasi. Liburan Menyenangkan, Keuangan Juga Aman.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon