4 Tips Membangkitkan Mental Juara Sebelum Bertanding Sering kali kita pernah mengalami rasa gugup saat akan mengawali start lomba lari...

4 Tips Membangkitkan Mental Juara Sebelum Bertanding

4 Tips Membangkitkan Mental Juara Sebelum Bertanding
Sering kali kita pernah mengalami rasa gugup saat akan mengawali start lomba lari marathon. Tak hanya kalangan atlet profesional saja, para pelari hobi termasuk saya juga sering mengalami rasa gugup saat akan start apalagi kalau sudah berdiri di garis start berjajar dengan pelari-pelari unggulan baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri sendiri.

Namun dalam beberapa event belakangaan yang saya ikuti, saya pribadi selalu mencoba untuk membangkitkan mental juara sebelum bertanding, guna dapat tampil all out sehingga bisa memperoleh catatan waktu yang baik dan finish terdepan.


Percaya atau tidak saat saya mencoba tips yang saya lakukan ini, saya bisa tampil kian lebih all out, lebih tenang dan tidak gugup walaupun saingannya atlet-atlet top nasional yang sering menaiki podium juara.

Dalam artikel yang penuh semangat kali ini, admin akan membentangkan 4 tips membangkitkan mental juara sebelum bertanding, guna dapat memberikan wawasan kepada teman-teman yang akan bertanding dalam event lomba lari yang akan datang.

Seperti apa Tipsnya, tidak usah menunggu lama mari simak artikel dibawah ini sampai selesai:

Cekidooott..


Tips #01 Percaya Diri
Tips yang pertama yang bisa kamu lakukan ialah memiliki rasa percaya diri yang lebih kuat. Memiliki rasa percaya diri yang sangat kuat adalah pondasi utama membangkitkan mood positif supaya rasa gugup yang ada dalam jiwamu bisa tenang saat menjalankan lomba.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagaimana mas?? Okay, caranya sangat mudah sekali. Menjelang lomba sebisa mungkin hindari pikiran negative, keluarkanlah kata2 yang membakar semangat sehingga pikiran tetap plong dan membuang rasa gugup.

Tips #2 Ingatlah Perjuanganmu Dalam Latihan
Nah saat tiba waktunya lomba, kemudian timbul perasaan down sehingga tidak bisa tampil all out, pikirkanlah kembali perjuanganmu saat menjalani latihan setiap hari.

Hujan , panas kamu trabas demi menjalani program dengan baik supaya tercipta impian untuk meraih prestasi dengan baik. Mungkin tips yang ke dua ini bisa kamu terapkan menjelang lomba, dengan harapan kamu bisa termotivasi untuk tampil sebaik mungkin demi catatan waktu terbaik.

Tips #3 Berpikir Positif
Mengontrol pikiran supaya tetap dalam jalur positif termasuk elemen yang paling penting sekali. sebelum menjalankan perlombaan. Dengan pikiran yang positif membuat mood yang ada dalam diri kita tetap akan terjaga. 

Usahaka untuk mengisi pikiranmu dengan hal-hal yang baik seperti: memikirkan lancarnya perlombaan, pusatkan pikiranmu pada jalur lomba saja, bisa juga pikirkan apa yang selalu membuat kamu bahagia, dengan begitu saat kamu start pikiran bisa fokus, dan tidak ada beban.

Tips #4 Mempunyai Visi
Apapun profesi yang kamu tekuni, buatlah sebuah visi yang tertarget. Sebagai contoh: kamu akan mengikuti sebuah event kejuaraan nah tetapkan visi kamu apa? Jika kamu ingin naik podium juara tentu usaha yang harus kamu lakukan ialah berlatih lebih keras lagi, mencari pelatih yang baik untuk memberikan arahan strategi yang terarah.

Namun apabila visi yang kamu miliki mengikuti event lomba lari hanya untuk hobi saja, ya sama tetapkan latihan yang konsisten ikuti komunitas supaya terbentuk jaringan yang baik. 
Supaya saat race ada teman yang memberikan support bersamaan.

Coba ikutilah tips yang sudah admin bentangkan diatas, yang terpenting tetapkan tekadmu dan persiapkan dirimu supaya lebih siap lagi dalam menjalankan latihan agar pelan-pelan mental juaramu dapat terbentuk.


Sumber Gambar: https://bit.ly/2LRyTVx



2 coment�rios:

Adie Riyanto mengatakan...

Sub 4 aja deh target gw tahun ini hehehe :)

alfian hoki mengatakan...

sippp, kalah menang itu belakangan, yang penting percaya diri dulu untuk mencoba. thanks bro, infonya keren