4 Langkah Mengelola Finansial Dengan Baik Menjalani hidup kita tak terlepas dengan namanya finansial. Memiliki finansial yang san...

4 Langkah Mengelola Finansial Dengan Baik, Yang Wajib Kamu Lakukan



4 Langkah Mengelola Finansial Dengan Baik

Menjalani hidup kita tak terlepas dengan namanya finansial. Memiliki finansial yang sangat cukup adalah impian banyak orang dalam menjalani hidup supaya kian terus survive melangkah dalam mewujudkan impian tetap gemilang.

Namun sayangnya banyak seseorang yang masih kuwalahan dalam menyusun finansial mereka, Alhasil untuk mewujudkan memiliki finansial yang kuat sering tertunda karena kurangnya pengetahuan mereka cara mengelola income dengan baik.

Dalam artikel yang penuh energik kali ini, Admin akan menghadirkan sebuah artikel bertakjub “4 Langkah Mengelola Finansial Dengan Baik” harapannya dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan pembaca untuk mengelola finansial dengan bijak.

Perlu diketahui, banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan agar finansial semakin kuat, namun kali ini admin akan menjabarkannya secara ringkas, padat dan berisi supaya mudah dipahami banyak kalangan terutama untuk kamu yang saat ini baru mendapatkan sebuah income bulanan.

Apa sajakah hal yang harus dilakukan supaya finansial kita membaik? Untuk itu mari kita simak sajian renyah di bawah ini satu demi satu.

Langkah #1  Menambah banyak Income

Menambah income dari berbagai sumber, langkah pertama ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk dapat menguatkan langkah finansial seseorang untuk melangkah ke jalur yang lebih kuat.

Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah income sampingan, diantaranya jualan online di waktu libur kerja jika kamu seorang profesional, membuat produk yang bisa dijual, mengasah kreatifitas dengan kreatifitas yang kamu tekuni nantinya dapat menambah income, seperti halnya membuat content youtube, blog, dsb.

Langkah #2 Mulai Melakukan Investasi

Mendapatkan gaji dari profesi yang kita tekuni tentu harus kita manfaatkan dengan baik. Gunakanlah secara bijak pengeluaran income yang kamu dapat setiap bulannya .
Saat kamu mendapatkan gaji dari hasil menjalankan pekerjaan, hal yang mesti kamu lakukan pertama kali adalah menyisikan 30% dari gajimu untuk melakukan investasi. Investasi dapat kamu lakukan baik di reksadana, emas maupun properti.

Setelah dana untuk investasi telah kamu amankan, kamu dapat menyisikan uang gaji untuk keperluan lainnya seperti membayar hutang, menafkahi keluarga, belanja bulanan, tabungan masa depan, sedekah. Setelah kebutuhan penting lainnya sudah terpenuhi sisa dari gajimu bisa kamu gunakan sesuka hati namun tetap dalam batas sewajarnnya saja.

Langkah #3 Hindari Sebuah Hutang

Semakin mudahnya cara berhutang dari berbagai layanan jasa sering kali membuat segelintir orang terjebak dalam lubang hutang yang amat pedih. Jangan sampai demi nafsu gengsi untuk tampil kekinian rela berhutang.

Kalaupun anda ingin berhutang, gunakan hutang secara baik. Contoh: Untuk mengembangkan bisnis, membangun kontrakan dengan adanya kontrakan dapat menambah income, dst.

Saya sarankan jika anda ingin berhutang pilih lah hutang yang tidak ada bunganya. Bisa hutang ke saudara, sahabat, maupun keluargamu. Sebelum berhutang tentukan strategi apa yang harus anda kembangkan demi terciptanya income secara masif. Kalau sudah, bisa kamu lakukan dengan bermusyawarah secara baik-baik dan yang TERPENTING bayar sesuai janji yang telah kamu sepakati.

Langkah #4 Menyiapkan Dana Darurat

Yang terakhir ialah menyiapkan dana darurat. Tak jauh berbeda dengan tabungan, dana darurat bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi jika ada keperluan penting yang mana membutuhkan dana secara mendadak. Sehingga dana darurat yang telah kamu sisikan nantinya dapat bermanfaat untuk membackup jika anda memerlukannya.

Dengan adanya dana darurat yang telah kamu siapkan, kamu tak perlu khawatir lagi jika suatu saat kamu mermerlukannya. Jadi tanpa harus kesana kemari berhutang maupun menjual asset investasi kamu.

Jika dana darurat tidak kepakai, nantinya bisa kamu alokasikan untuk menambah instrument investasi yang akan kamu kembangkan maupun untuk menambah sedekah demi kebahagiaan hidup secara abadi kelak di akhirat.
Untuk presentase dana darurat kamu dapat menyisikan 10 hingga 30 persen dari total income yang kamu peroleh.

Demikianlah 4 Langkah Mengelola Finansial Dengan Baik, yang layak kamu praktekan sehingga dengan begitu impian untuk mencapai finansial yang mapan dapat terwujud dengan baik.



Sumber Gambar: Unplash.com

0 coment�rios: