Bisa mengikuti lomba lari marathon yang bergengsi dan dapat menaklukan jarak yang di ikuti adalah sebuah kebanggan tersendiri untuk semua peserta. Hampir setiap minggu sepanjang tahun selalu ada event lomba lari marathon baik level lokal hingga level internatinonal. Event lomba lari yang selalu diselenggarakan di setiap kota yang tak jauh dengan tempat wisata selalu menjadi alternatif bagi panitia untuk menggelar event lomba lari.
Karena menggelar event di lokasi tempat wisata sangat memiliki banyak keuntangan mulai dari mempromosikan tempat wisata, mengangkat daerah tersebut supaya menjadi lebih dikenal banyak orang maupun membranding tempat wisata lebih banyak dikenal orang. 
Keuntungan pun juga diperoleh para peserta juga, selain untuk menikmati keindahan daerah wisata tersebut juga sekalian untuk menikmati olahraga dengan pemandangan tempat wisata yang sangat populer. Bisa olahraga dan wisata pula.
Perlu diketahui, saat ini di Indonesia sindiri sudah mulai ada event lari sang sangat bergengsi yang selalu diselenggarakan setiap tahunya di kota berbeda mulai dari Jogmar (Jogja Marathon) Bomar (Borobudur Marathon), Bandung Marathon, Bali Marathon, Jakarta Marathon dimana event tersebut selalu dihadiri para runners dari seluruh penjuru kota di Indonesia karena sarat dengan gengsi.
Beberapa belekangan ini, ada beberapa peserta runners yang berjatauhan saat mengikuti event lomba lari yang dikarenakan kondisi tubuh yang kurang prima atau bisa jadi kurangnya latihan.
Dalam artikel yang sangat energik kali ini, admin akan membentangkan sebuah artikel dengan judul “4 tips yang wajib kamu lakukan, saat akan mengikuti lomba marathon” semoga dengan artikel yang sangat renyah ini harapannya mampu menjadi pedoman bagi seluruh runners baik pemula maupun yang sudah rajin mengikuti event race supaya bisa finish strong sekaligus menikmati bahagianya mendapatkan sebuah medali finisher.
Seperti apa ulasan mengenai tips tersebut mari kita simak dalam rangkuman dibawah ini:
Cekidoott…
1. Pastikan Seluruh Kondisi Tubuh Optimal
Memastikan kondisi tubuh 100% optimal adalah salah satu kunci mutlak yang harus kamu lakukan sebelum mengikuti event lomba lari marathon. Dengan memiliki kondisi tubuh yang benar-benar fit membuat peserta bisa berlari dengan enjoy dalam mengayunkan lengan dan melangkahkan kaki hingga garis finish. Jujur saja admin pernah memaksakan diri saat kondisi tubuh kurang prima kemudian nekat mengikuti perlombaan marathon, dan benar saja setelah aba-aba dimulai dalam beberapa KM admin mendadak meringis kesakitan karena ada bagian tubuh admin yang kurang prima.
Belum lama ini tepatnya di event bergengsi di jawa tengah, teman admin jauh-jauh hari sudah mengeluh tubuhnya kurang prima, namun teman saya tetap bersikeras mengikuti lomba Half Marathon, dan benar saja teman saya tidak berhasil memasuki garis finish dan terpaksa harus naik mobil medis.
Pesan admin untuk siapa saja termasuk para runners pemula jika menjelang lomba namun ada kendala tubuh yang tidak beres jangan nekat untuk mengikuti race, berfikirlah 2x supaya tidak berakibat fatal pada dirimu sendiri.
“Tetapi saya sudah daftar ikut lari dan bayar mahal mas, ya rugi dong kalau gak ikut lari” *Timbul celetukan begitu. Yapps admin akan menjawabnya.
Jika kamu sudah melakukan pendaftaran namun supaya tidak rugi, kamu bisa mengambil racepacknya saja kemudian kamu memberikan dukungan penuh kepada temanmu yang ikut.
Namun apabila kondisi memungkinkan dalam dirimu bersikeras mengikuti lomba, alangkah baiknya kamu berlari santai saja sesuai dengan porsi kamu, tidak usah terpancing dengan pelari lain yang berusaha cepat sampai garis finish.
Apabila saat berlari sudah mulai timbul rasa sakit alangkah baiknya kamu kurangi kecepatan berlari dan apabila rasa sakitmu tambah parah kamu bisa segera mencari tim medis yang bersiaga di sepanjang lintasan.
2. Pilihlah Kategori Nomor Lari Yang Tepat
Memilih jarak lomba lari yang akan kamu ikuti adalah elemen yang sangat penting sekali untuk memastikan kamu bisa menaklukan jarak tersebut dengan optimal dan penuh kebahagiaan. Sebelum kamu memilih lomba yang akan kamu ikuti terlebih dahulu kamu melihat porsi latihamu sampai mana. Jika kamu latihannya untuk menaklukan jarak 10K kamu bisa memilih jarak 10K atau dibawahnya yakni 5K.
Jangan sampai memilih kategori yang mana kamu belum latihan secara matang. Sebagai contoh kamu memprogram lari untuk mengikuti lari jarak 10K namun melihat teman-teman mu pada memilih kategori HM dan FM kemudian kamu ikut-ikutan. Pilihlah sesuai program latihanmu setiap hari dulu saja, maksimalkan program latihanmu dengan baik untuk meraih PB maupun podium.
3. Atur Pola Makan Dengan Baik
Saat kamu sudah memprogram latihan dengan baik, jangan lupa untuk masukan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Guna menjadikan energimu supaya tetap powerfull dan prima dalam menjalankan progam latihan setiap hari. Seperti halnya karbohidrat, protein, vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproses tenaga dalam tubuh dengan baik.
4. Jaga Pola Tidur Dengan Baik.
Menjaga pola tidur dengan baik ini sangat penting sekali guna memaksimalkan recoverymu lebih optimal dan lebih baik lagi. Memberikan waktu tidur secara optimal dapat memberikan banyak keuntungan yakni tubuh menjadi fresh saat bangun nanti. Tidur yang cukup dapat  memperbaiki jaringan otot-otot yang rusak setelah menjalankan ativitas fisik berolahraga.
Jika memang tidak ada urusan yang sangat penting hingga larut malam bisa kamu gunakan untuk tidur lebih awal. Hindari begadang proyeksikan tubuhmu untuk beristirahat dengan nyenyak.
Namun ada juga yang esoknya mengikuti race, malamnya malah begadang untuk jalan-jalan menikmati kota yang mengadakan lomba tersebut. Kami enggak melarang apabila kamu ingin menikmati wisata daerah yang mengadakan event lomba namun baiknya dilakukan setelah perlombaan selesai sekaligus untuk recovery.
Demikianlah “4 tips yang wajib kamu lakukan, saat akan mengikuti lomba lari marathon” semoga dengan artikel yang sangat informatif diatas dapat membantu para runner pemula untuk siap menjalankan  lomba dengan lancar, harapanya dapat finish strong mencatatkan waktu terbaik.
Syukur-syukur dapat finish dapat merengkuh gelar podium dan membawa nama baik untuk komunitas maupun nama daerah. Aamiin.
Salam Sehat Penuh Keberkahan…





Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel